Home Daerah Wasekjend PB HMI ; “Dana Kongres, Kalahkan Anggaran Kebakaran Hutan”

SN, PEKANBARU – Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang akan digelar di Pekanbaru menuai kecaman.

Pasalnya, pelaksanaan Kongres HMI yang akan diadakan pada pekan depan itu menggunakan duit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Riau, dan Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, mencapai Rp 3 miliar.

“Anggaran itu lebih banyak dari anggaran pencegahan kebakaran hutan dan lahan sebesar Rp. 1,4 M,” ujar Lendi Octapriyadi, selaku Komite Penyelamat HMI, yang menganggap ini sudah menyakiti hati rakyat.

Menurut Lendi, HMI sebagai gerakan mahasiswa yang harusnya memperjuangkan nasib rakyat kecil, justru mengambil hak rakyat demi agenda kongres yang tidak terlalu penting, bagi rakyat kecil.

Lendi menambahkan bahwa secara substansi kegiatan kongres HMI yang akan di helat di bumi lancang kuning ini sebenarya tidak akan berimbas secara langsung kepada publik.

Namun pemerintah provinsi Riau dan DPRD seakan memaksakan kehendak permintaan elit PBHMI ini.

Dengan alasan apapun cara-cara seperti ini tidak bisa di benarkan, selain tidak akan berimbas kepada masyarakat Riau secara luas tentu ini adalah bentuk pemborosan APBD Riau yang luar biasa.

“Perlu di ingat bahwa masyarakat Riau hingga kini masih menjerit akibat pelayanan umum masih sangat kurang, baik dari infrastruktur, pendidikan, maupun kesehatan,” ujar Lendi geram.

Karena itu, menurut Lendi, yang juga Wasekjend PB HMI, tidak ada alasan bagi HMI menggunakan uang rakyat untuk kongres.

Lendi bahkan menduga kucuran dana APBD itu merupakan salah satu langkah pemerintah untuk membungkam pergerakan mahasiswa sebagai pengontrol kebijakan roda pemerintahan.

” Saya khawatir pergerakan mahasiswa bakal mengalami kemunduran,” ujarnya kesal.

Sebagaimana diketahui, Anggaran itu telah disetujui Pemprov Riau dan telah disahkan oleh DPRD Riau sebesar 3 Miliar rupiah pada tanggal 16 November lalu.

“Kami Mendesak Pemprov Riau untuk tidak mencairkan anggaran kongres HMI di Pekanbaru. Selain itu kami juga Meminta kepada Mendagri Tjahjo Kumolo untuk membatalkan anggaran kongres HMI di kota pekanbaru”, cetus Lendi

Lendi kemudian menghimbau kepada seluruh cabang-cabang HMI se-Indonesia utk menolak penggunaan anggaran hanya untuk foya-foya elit PBHMI dan mempermalukan nama baik organisasi ini.

(Jalu/dul)

loading...

Balasan