Home Bisnis MENDAG : KONDISI GLOBAL MASIH PENGARUHI NERACA PERDAGANGAN

SN Jakarta  – Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan neraca perdagangan nasional meskipun tercatat surplus, masih terpengaruh oleh kondisi perekonomian global yang sedang mengalami perlambatan.

“Kondisi global memang masih sangat sulit,” kata Thomas saat ditemui seusai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat.

Thomas mengatakan pemerintah akan melakukan berbagai upaya agar ekspor maupun impor nasional tidak terkontraksi terlalu dalam, meskipun kondisi perekonomian global masih mempengaruhi situasi perdagangan internasional.

“Kami targetkan tahun ini kontraksinya tidak sebesar tahun lalu. Tahun lalu ekspor maupun impor turun 14-17 persen. Kami harapkan kontraksi perdagangan tahun ini ‘single’ digit, dibawah sepuluh persen,” katanya.

Ia mengatakan pemerintah akan mendorong ekspor non komoditas atau manufaktur, sebagai alternatif solusi atas penurunan ekspor komoditas seperti CPO maupun batu bara, yang terpengaruh oleh turunnya harga komoditas global.

“Kita harus sangat waspada dan kerja keras mendorong ekspor lain, seperti aksesoris dan barang manufaktur, juga sektor jasa dimana kita bisa mengekspor dan mengembangkan jasa domestik untuk mengurangi impor jasa,” kata Thomas. (iqp/end)

loading...

Balasan