Home Bisnis ANGGOTA DPR INGIN PEMERINTAH HENTIKAN IMPOR JEROAN

SN Jakarta – Anggota Komisi IV DPR Hermanto menginginkan pemerintah menghentikan impor jeroan sapi karena langkah tersebut dinilai sebagai sebuah langkah mundur dalam pengembangan sektor pertanian dan perdagangan.

“Impor jeroan itu merugikan peternakan rakyat, berdampak negatif terhadap kesehatan serta dapat merendahkan martabat bangsa karena pada kenyataannya jeroan sapi di luar negeri dikonsumsi sebagai pakan ternak dan hewan peliharaan,” kata Hermanto dalam rilis di Jakarta, Jumat.

Politisi PKS itu mengemukakan, fraksinya setuju dengan rencana pemerintah untuk menurunkan harga daging sapi hingga mencapai Rp. 80.000 per kilogram. Namun, bukan dengan cara mengimpor jeroan yang diharapkan menjadi substitusi bagi masyarakat menengah ke bawah yang tidak dapat membeli daging sapi.

Untuk itu, ujar dia, pihaknya juga menawarkan solusi untuk mengatasi kenaikan harga daging dengan mendorong pemerintah untuk melanjutkan program swasembada daging sapi, pengembangan peternakan rakyat, dan memperbaiki sisi permintaan dari masyarakat.

“Kebijakan yang digulirkan harus kompehensif, yaitu tidak hanya sisi pasokannya saja yang dibenahi, tapi permintaannya juga perlu diperhatikan. Misalnya, adanya beragam substitusi daging sapi yang sehat dan bergizi, seperti daging ayam, telur,” katanya.

Sedangkan kebijakan lainnya antara lain adalah melalui program diversifikasi melalui swasembada protein karena sumber protein bukan hanya dari daging sapi tetapi juga bisa dari ikan atau lainnya. (iqp/end)

loading...

Balasan