Home News REDAKTUR SIARANNEWS BERIKAN MATERI JOB SEEKING TRICK PADA LOKAKARYA FIB UNS

PB, Solo – Persaingan dalam mendapatkan pekerjaan rupanya sudah bukan lagi permasalahan hanya milik para pekerja tenaga kasar yang rata-rata memiliki tingkat pendidikan hanya dari SMU atau SMP.

Namun para mahasiswa sendiri sejak mengenyam pendidikan sudah mulai memikirkan cara bagaimana nasib mereka ketika lulus kuliah, apakah bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan tingkat pendidikan mereka, ataukan berupaya untuk bisa membuat sebuah penghasilan sendiri.

Pihak Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo sendiri rupanya tidak membiarkan mahasiswanya memikirkan hal itu sendiri. Dengan program peningkatan kemahasiswaan pihak UNS membuat sebuah seminar dengan mengundang para pelaku-pelaku yang dianggap bisa memberikan motivasi dan cara serta langkah jitu dalam mengembangkan diri mereka.

“Sebuah konsep yang pernah saya coba terapkan di lingkungan kerja saya sebelumnya, dengan memberikan mereka perubahan pemahaman terkait dengan need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi),” ujar Hefrizal yang diundang untuk menjadi moderator.

IMG-20160819-WA0022-1-1Hefrizal mantan Manager Customer Service, Walmart International dari Lippo Group dan juga Mantan HRD Officer Wickasana Overseas International tbk.

Selain Hefrizal juga hadir dua orang guru yang biasa dikenal dengan julukan “Guru Kembar” Ibu Rossy dan Ibu Rian, sementara yang menjadi moderator Adjat Wiratna,S.H.,M.Pd. Manager Produksi MNC TV Jakarta.

Hefrizal mengatakan saat ini Indonesia sendiri sedang dalam persoalan yang tidak mudah dihadapi kedepannya nanti. Persoalan MEA dianggap sebagai sebuah tantangan tersendiri bagi para mahasiswa, karenanya perbandingan tenaga kerja yang sedang terjadi saat ini, menjadi persoalan yang tidak mudah mengingat jumlah perusahaan tidak sebanding dengan peningkatan para pencari kerja yang semakin hari semakin bertambah.

“Fresh graduate atau mahasiswa-mahasiswa yang baru lulus tentunya harus memahami personality dan ablity yang diinginkan bagi perusahaan,” ujar Rizal, panggilan Hefrizal, yang pernah juga menjabat sebagai Kepala SDM PT RMP Yanatera Bulog.

20160903_143652Harapan Rizal agar para tenaga kerja tersebut tidak hanya semata2 bekerja untuk mendapatkan gaji tetapi bagaimana mereka bisa memberikan sumbangsih, kreativitas dan upayanya.

“Hal tersebut tidak hanya berguna bagi perusahaan tempat mereka bekerja tetapi juga pengembangan diri dan karir mereka di masa yang akan datang.” Pungkas Hefrizal yang saat ini menjabat sebagai salah satu petinggi di media siarannews.com (kamal)

Sumber : Jall/Pembawaberita.com

loading...

Balasan