Home Olahraga Perseteruan North-West Derby, Sejarah Laga Panas MU-Liverpool

SN JAKARTA – Pertandingan Manchester United kontra Liverpool, pada Minggu malam nanti, akan menjadi laga bergengsi. Sejarah membuat laga ini bakal panas. Sejarah laga ini sudah diketahui para pecinta sepak bola sejati di seantero jagad. Ini adalah derby besar.

Laga yang bakal dihelat pada Minggu nanti akan menjadi laga ke-50 antara kedua tim. United unggul telak karena memenangkan 27 laga diantaranya, sementara Liverpool baru mampu menang 13 kali, 9 laga lainnya berakhir imbang.

Laga kedua tim disebut bergengsi bukan karena banyaknya jumlah pertandingan yang telah mereka mainkan. Laga Manchester United kontra Liverpool lebih dikenal dengan sebutan North-west Derby. Sebutan itu muncul karena kedua kota, Liverpool dan Manchester, terletak di sebelah Barat Laut dari ibukota Inggris, London.

Rivalitas antar kedua klub itu tak lepas dari rivalitas kedua kota itu pada era industrialisasi abad ke-18. Awalnya, Manchester dikenal lebih maju karena menjadi basis industri Inggris di awal abad 18.

Namun kejayaan Manchester di bidang ekonomi itu terusik  di akhir abad 18. Liverpool melaju pesat setelah mereka menjadi pelabuhan barang terbesar di Inggris saat itu.

Rivalitas seperti itulah yang kemudian menular pada olahraga seperti sepak bola. Meskipun berusia lebih tua, Manchester United sempat berada di bawah bayang-bayang Liverpool.

Bahkan Liverpool sempat membuat Manchester United turun ke divisi dua pada 1893. Saat itu Liverpool yang baru berdiri satu tahun dan memulai kompetisi di divisi dua berhasil menjadi juara dengan rekor tak terkalahkan.

Namun untuk masuk ke divisi utama mereka harus melewati hadangan Newton Heath (cikal bakal Manchester United) pada laga eksebisi. Saat itu Newton Heath terdampar di dasar klasemen divisi utama.

Pada laga eksebisi, Liverpool berhasil menang 2-0 dan mereka akhirnya memulai petualangannya menjadi salah satu tim terbesar di Liga Inggris. Tanpa kehadiran Manchester United, Liverpool mampu memenangkan Liga Inggris sebanyak dua musim.

Pada 1906, United kembali ke divisi utama dan semusim kemudian mereka mempecundangi Liverpool dengan merebut juara Liga Inggris. Hingga kini kedua klub itu menjadi klub terbanyak yang pernah menjuarai Liga Inggris.

Tercatat, Liverpool telah meraih 18 gelar Liga Inggris sementara United sudah mengantongi 20 gelar. Selain itu, urusan juara di benua biru, Liverpool mampu meraih lebih banyak gelar ketimbang United. Mereka telah mengantongi lima gelar Liga Champions sementara United baru meraih tiga gelar.  (Beby Hendry)‎

loading...

Balasan