Home News KEMENTERIAN DESA PDTT MENDORONG DESA BANARAN MENJADI MODEL DESA TANGGUH BENCANA DI...

SN Jakarta : Rombongan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI menyalurkan bantuan mobil operasional tanggap bencana dan alat pengisap lumpur serta beberapa perlengkapan tanggap bencana di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, salah satu daerah merupakan lokasi bencana tanah longsor serta merenggut korban jiwa dan harta benda masyarakat, Minggu (23/4).

IMG-20170423-WA0213Bantuan tersebut ‘murni” kepedulian pimpinan dan staf Kementerian Desa PDTT dan tidak bersumber dari Anggaran Kementerian (APBN). Selain bantuan perlengkapan tanggap bencana disertakan pula kebutuhan dasar beribadah berupa perlengkapan alat ibadah untuk masyarakat.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Ferry Syahminan S.Sos Kasubdit Wilayah V Direktorat Penanganan Daerah Rawan Bencana  PDTU Kementerian Desa PDTT yang didampingi Tenaga Ahli Sekretaris Jendral Kementerian Desa Wahyu Hananto Pribadi. Ferry menyerahkan bantuan tersebut kepada Sarnu Kepala Desa Banaran.

IMG-20170424-WA0012Ikut dalam rombongan Kepala Dinas Pembangunan Desa Ponorogo,  dan tenaga pendamping desa yang bertugas di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Sumbangan berupa mobil dan alat perlengkapan tanggap bencana tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan dan perwujudan kepedulian masyarakat korban bencana  dalam mempersiapkan  diri secara mandiri untuk menghadapi berbagai kemungkinan bencana. Mengingat Desa Banaran merupakan Lokasi yang rawan terjadi bencana tanah longsor.

Selain memberikan sumbangan Kemendes juga mendorong terbentuknya Desa Tangguh Bencana di Desa Banaran yang merupakan program nasional (BNPB).

Program ini merupakan model dalam meningkatkan kesiapan masyarakat untuk menghadapi bencana, sehingga diharapkan desa Banaran dapat menjadi model untuk desa-desa lain di wilayah kabupaten Ponorogo yang rawan bencana. (Hefrizal)

loading...

Balasan