Home Bisnis IKAPI : PENERBITAN MANDIRI SEMAKIN MENINGKAT

SN Jakarta  – Wakil Ketua Bidang Humas, Riset dan Informasi Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Pusat Indra Laksana mengatakan penerbitan mandiri yang dilakukan sendiri oleh penulis buku semakin banyak dilakukan karena penjualan buku lebih mudah melalui komunitas-komunitas.

“Jumlah penerbitan pada penerbit konvensional saat ini relatif menurun. Namun, terjadi peningkatan dari sisi penerbitan mandiri,” kata Indra dihubungi di Jakarta, Kamis (27/4).

Indra mengatakan penerbitan mandiri yang merupakan inisiatif penulis dapat memangkas banyak biaya yang selama ini biasanya dikeluarkan oleh penerbit. Karena itu, harga buku dari penerbitan mandiri bisa lebih murah.

Di sisi lain, di tengah kondisi yang tidak menentu, penerbit tidak mau ambil risiko menerbitkan buku dari penulis-penulis baru yang belum dikenal. Karena itu, penerbitan mandiri menjadi salah satu pilihan penulis-penulis baru.

“Penerbitan mandiri bisa juga dilakukan oleh komunitas-komunitas. Bila buku-buku yang diterbitkan secara mandiri diminati masyarakat, bukan tidak mungkin kemudian akan dilirik oleh penerbit,” tuturnya.

Indra mengatakan saat ini penjualan buku memang sedang mengalami penurunan, salah satunya disebabkan interaksi masyarakat Indonesia yang kuat dengan internet.

“Ada peningkatan minat baca di Indonesia, tetapi berbasis internet. Materi-materi yang ada pada buku saat ini sudah mudah ditemykan di internet,” katanya.

Hanya dengan memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari, masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi yang diperlukan melalui layar komputer maupun perangkat genggam tanpa perlu ke perpustakaan atau membeli buku dan membalik-balikkan halamannya.(iqp^end)

loading...

Balasan