Home Maritim PEMERINTAH DUKUNG PEMBANGUNAN KANAL CBL

SN Jakarta – Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basoeki Hadimoeljono mengunjungi lokasi rencana pembangunan Kanal Cikarang, Bekasi dan Laut (CBL). Kunjungan menteri tersebut disambut oleh pemrakarsa pembangunan Kanal Cikarang, Bekasi dan Laut, Elvyn G Masassya, sebagai proyek strategis Nasional yang mengacu Per-Pres RI No. 3 tahun 2016.

Adapun agenda kunjungan tersebut untuk mendapat gambaran mengenai kondisi eksisting Kanal dan membantu Pelindo II/IPC untuk mempersiapkan ha-hal yang dibutuhkan guna kelancaran pembangunan CBL dikarenakan aksesnya sangat strategis dengan kawasan industri yang berada di bagian Timur Jakarta.

Seperti diketahui hampir 35 persen komoditi petikemas menuju Pelabuhan Tanjung Priok maupun sebaliknya menggunakan truk dan kereta api yang berasal dari industri Jawa Barat. Seperti Bekasi, Krawang, Sumedang dan Purwakarta. Dimana selama ini terlalu menekan biaya dan waktu yang ditempuh lama.

Rencana Pembangunan Proyek Kanal sepanjang 24 KM. Draf 5 mLWS dibagi menjadi tiga tahap serta dilengkapi dengan Ineland.

Terminal terdiri dari Terminal Petikemas dan terminal curah dengan total luas 53 Ha serta melayani 1,6 juta TEUs per-tahun.

Sejauh ini IPC menyelesaikan proses feasibility study (fs), amdal, survey dan investigasi dan pemanfaatan Kanal serta rekomendasi tata ruang dari Pemerintah Daerah. IPC berupaya melakukan Pendekatan intensif, guna percepatan CBL ini.

“Rasa terimakasih atas dukungan Pemerintah untuk lancarnya koneksi logistik dan maritim Indonesia, ini akan memperlancar tujuan pembangunan ini. IPC butuh kolaborasi dan dukungan penuh pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya,” kata Elyvn G Masassya Direktur Utama IPC, Kamis (27/4).

 

Editor Delly M

loading...

Balasan