Home Militer Mabes TNI Regenerasi Ditubuh TNI

SN Jakarta – Proses pergantian Panglima TNI nampaknya tidak akan lama lagi. Gatot Nurmantyo yang telah menjabat sebagai orang nomor satu di Korps Baju Hijau selama kurang lebih dua tahun telah dirasa cukup untuk segera dilakukan rotasi.

“Reformasi dan regenerasi panglima TNI harus segera dilakukan, mengingat Panglima TNI yang sekarang telah menjabat selama dua tahun‎,” kata Direktur Imparsial, Al Araf di Jakarta, Selasa (2/5/2017)

Al Araf menilai, para anggota TNI angkatan 1982 telah banyak yang memasuki masa pensiun. Gatot merupakan angkatan 1982. Menurutnya proses regenerasi ditubuh TNI harus tetap berjalan sesuai koridor.

“Tidak boleh stak dijalan, kita ketahui banyak angkatan 82 sudah banyak yang pensiun, saatnya melakukan regenerasi di tubuh TNI‎,” jelasnya.

Al berharap saatnya juga merotasi pucuk pimpinan TNI yang berasal dari bukan Angkatan Darat (AD)

“Gatot adalah Angkatan Darat, dua panglima TNI sebelumnya juga Angkatan Darat‎, ini juga yang tidak jelas rotasinya,” tambahnya.

Sejak era Presiden Gus Dur terjadi rotasi pimpinan Panglima TNI. Saat itu Gus Dur mengangkat ‎perwira tinggi TNI dari Angkatan Laut ( AL) Laksamana Widodo AS sebagai Panglima TNI. Setelah itu berlanjut matra lainnya mendapat giliran memegang pucuk pimpinan tertinggi TNI.

Al berharap, panglima TNI selanjutnya yang bakal menjadi pengganti Gatot Nurmantyo berasal dari Angkatan Udara atau pun Angkatan Laut. ‎(Beby Hendry )

loading...

Balasan