Home Daerah Mulai Hari Ini Polres Kebumen Gelar Operasi Patuh Candi 2017

SN KEBUMEN –Upacara gelar pasukan Operasi Patuh 2017, yang merupakan agenda Polri menjelang bulan Ramadhan secara sentak dilaksanakan  jajaran kepolisian  seluruh Indonesia,terhitung dari hari ini sampai 14 hari kedepan sampai tanggal 22 Mei 2017 Sat Lantas Polres Kebumen menggelar operasi terpusat dengan sandi Patuh Candi 2017. Selasa (9/5/17).

Operasi ini digelar dengan diawali dengan apel gelar pasukan operasi patuh Candi 2017 di halaman depan Polres Kebumen yang dihadiri oleh forkompinda  Kabupaten Kebumen dan instasi terkait, seperti TNI, Dishub, dan Satpol PP.

Kegiatan Operasi dimulali  ditandai dengan penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, S.Sos kepada perwakilan dari anggota sat lantas Polres Kebumen, anggota Kodim 0709 Kebumen dan anggota Dishub Kabupaten Kebumen.

IMG-20170509-WA0071Dalam kegiatan tersebut polres Kebumen menerjunkan 56 personil, 32 diantaranya anggota Satlantas dibantu oleh anggota dari Sat Sabhara, Sat Reskrim dan Sat Intelkam serta didukung instasi terkait dari TNI, Dishub, dan Satpol Pp.

Kapolres Kebumen dalam membacakan  amanat dari Kakorlantas mengatakan Operasi Patuh Candi 2017 ini bertujuan untuk memperlancar arus dan menekan angka kecelakaan akibat dari pelanggaran lalu lintas. Operasi ini berbeda dengan Operasi Simpatik sebelumnya yang mengedepankan beberapa kegiatan simpatik dan himbauan, di Operasi Patuh ini akan mengedepankan penegakan hukum (represif).

“Namun demikian upaya pencegahan (preventif) masih akan tetap dilaksanakan walaupun dengan prosentasi yang berkurang jika dibanding dengan Operasi Simpatik dan tidak lupa mengedepankan 3s Senyum, Sapa dan Salam” jelasnya.

Lanjut Kapolres, melalui penyelenggaraan Operasi Patuh ini maka diharapkan akan tercapai beberapa tujuan, yang diiantaranya adalah meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya situasi kamseltibcar lantas secara optimal serta menurunya kecelakaan lalu lintas. Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas dan menurunnya tingkat kecelakaan lalu lintas serta menurunnya tingkat pelanggaran dan kemacetan lalu lintas, hal tersebut dapat terlaksana dengan sukaes jika sinergitas, antar instasi terkait saling mendukung, unkap kapolres menandaskan.

Pada kesempatan yang lain ditemui secara terpisah Kadishub .Kebumen Drs. Maskemi Mpd, mengatan, bahwa agenda polri tersebut,berkaitan erat dengan instasi dishub dan kami, turut menyertakan personilnya untuk mendukung suksesnya kegiatan tersebut kata Maskemi, menjelaskan.

Untuk mengingatkan para pengendara ada sisi menarik dengan tampilnya polcil setelah selesai acara apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2017 ini yaitu adanya peragaan pengaturan lalu lintas oleh Polisi Kecil Model Polres Kebumen (Pokemon) dengan menampilkan anak – anak SD itu merupakan anak – anak pilihan dari perwakilan 4 Sekolah yang berjumlah 25 anak,  dibawah asuhan Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Aditiya Mulia R, SIK dengan dibantu oleh Guru SMK N 1 Puring sebagai pembimbing.

Dikatakan Kasatlantas, sengaja kami tampilkan anak- anak untuk memberi peringatan kepada para pengendara yang melakukan pelanggaran, agar mereka sadar dan malu kepada mereka,  diharapkan hal tersebut dapat memberikan hal yang positif dan dapat mendukung terciptanya kamseltibcar lantas di wilayah jajaran polres Kebumen, papar Aditya.(rsk).

loading...

Balasan