Home Maritim MENCARI SOLUSI PERMASALAHAN DI PELABUHAN MUARA BARU

SN Jakarta : Hiruk pikuk Ibukota Jakarta, merambah kehidupan perekonomian yang terus menggeliat. Tak terkecuali pinggiran Ibukota Jakarta, seperti Pelabuhan Muara Baru sebagai industri perikanan yang terbesar.

Langkah ini, membuat kawasan Muara Baru sebagai posisi strategis dalam merebut pasar bagi pebisnis. Oleh karenanya perlu memiliki akses dan cakupan pengelolaan sebuah bisnis perikanan agar tidak terjadi permasalahan. Itu yang menjadi titik point bagi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, yang didampingi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Muara Baru, dalam Coffee Morning, di Kantor UPT Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta,pada Selasa (9/5/2017).

Menurutnya, antisipasi hal-hal yang tidak kita duga, seperti kebakaran kapal Tongkang baru-baru ini dan memakan korban jiwa. “perlu kita pelajari dari permasalahan tersebut. Dan tentunya perlu disinisasi, seperti membangun posko problem center untuk menampung permasalahan di Kawasan PPSNJ, agar ada solusinya,” ujar Roberthus Yohanes De Deo, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok.

Coffee Morning juga dihadiri Direktur Pelabuhan Perikanan Dr Ir Syahfril Fauzi, Sesditjen PSDKP Beny Ahmad Subki, Direktur Perum Perindo Haris,Kepala UPT PPSNZJ Rahmat Irawan (tuan rumah), Kepala PSDKP Jakarta Ipunk Saksono Nugroho,Kepala Perum Cabang Jakarta Kol Laut Hariyadi dan Stakeholder.

Dalam dialog itu, sikap Sestiditjen, menitipberatkan, bagaimana pengelolaan pasar ikan Terintegrasi, dengan mengacu sistem online. Dengan cara penawaran bertingkat, efisien dan adil.

Sedangkan bagi Direktur Pelabuhan Perikanan, menyoroti supplier ikan terbesar adalah Muara Baru.  Hasil berlimpah, namun produksi makan ikan tak seimbang, tentunya timbul masalah pada proses lelang di PLT. “Yang lebih perlu dipahami adalah masih terjadi pelanggaran proses izin keluar dan masuk bagi kapal penangkap ikan. Semua ini harus se izin pihak Pelabuhan,” kata Syafril Fauzi.

Namun dari titik pertemuan itu, pada dasarnya mengiginkan Pelabuhan Perikanan Muara Baru, terutama pengusaha dan masyarakat, kemanan terjamin. Agar pelaku bisnis ikan tidak terkendala.

 

Editor Delly M

loading...

Balasan