Home Maritim Kabasarnas : Kandasnya KM Mutiara Sentosa Tewaskan 5 Penumpang

SN Jakarta : Peristiwa Kecelakaan kapal KM Mutiara Sentosa route Surabaya-Balikpapan di Masalembu, telah menelan korban nyawa sejumlah 5 orang dari 197 penumpang. Hal tersebut disampaikan Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi saat jumpa pers di Gedung Badan SAR Nasional, Minggu (21/5).

Syaugi mengatakan setelah mendapatkan informasi sekitar pukul 18.45 WIB, pihaknya langsung melacak melalui sistem Integrated Maritim Surveillance (In-Sar) untuk mengetahui kapal-kapal yang tak jauh lokasinya dari titik kandasnya KM Mutiara Sentosa. Ada dua kapal yang langsung mengarah ke lokasi kejadian, yaitu Kapal Meratus tujuan Surabaya- Makasar yang jauhnya 5 mil laut jaraknya dan kapal Darma Kartika dari Balikpapan ke surabaya posisi 97 mil laut.

20170521_143827-800x450Dibantu dengan nelayan, mereka menyelamatkan para penumpang dan membawanya ke KM Meratus, menurut keterangan Syaugi bahwa para korban yang berada di KM Mutiara Sentosa telah ditemukan semua baik yang masih hidup ataupun yang tewas. Para korban langsung dibawa ke RS yang berada di Surabaya.

Proses penyelamatan juga melibatkan KNKT, Kapal Pol air, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Indonesia (KPLP), maupun Syah Bandar di kawasan Masalembo. (Hefrizal)

loading...

Balasan