Home Internasional Pangarmatim Siapkan Kapal Perang Halau Teroris

SN Ternate : Melihat situasi dan kondisi yang mengancam negara tetangga yaitu Malawi Fhilipina dari kelompok teroris.Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) TNI AL, Laksamana Muda (Laksda)TNI Darwanto telah menyiapkan armada Kapal perang untuk melakukan pengawalan seketat-ketatnya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman.(7/6)

Pangarmartim  mengatakan sesuai intruksi Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo usai melakukan kunjungan di Pulau Morotai yang berbatasan langsung dengan Negara Fhilipina ,TNI Angkatan Laut (AL) telah bergerak cepat dengan melaksanakan patroli laut terutama di wilayah perbatasan seperti Morotai.

” Kita langsung mengoperasionalkan armada di laut dan itu telah di laksanakan sebelumnya,saat ini unsur-unsur TNI AL sudah berada di laut untuk melakukan pengamanan secara ketat di wilayah morotai dan sekitarnya,” papar Laksda TNI Darwanto.

Lanjut Dia kendati adanya  keterbatasan dermaga di Malut terutama Ternate, sehingga armada yang dimiliki tidak bisa merapat di pelabuhan,sehingga armada yang melakukan patroli itu hanya sandar di Bitung selanutnya melakukan patroli di wilayah yang menjadi sasaran.

“Melihat kondisi Morotai ini,sejauh ini, masih aman dan TNI khsusunya TNI AL tetap menjalani  tugasnya untuk menjaga kemanan baik laut dan darat”,ungkap Darwanto.

Darwanto  menerangkan kendati TNI sudah menjaga Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),hendaknya masyarakat juga berperan aktif dalam membantu keamanan,karena nformasi dari masyarakat dapat menjadi bahan sekaligus mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

IMG-20170608-WA0100“Dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam memberikan informasi,tentu pihaknya akan segera merespon dan jika ada kejadian yang mencurigakan segera laporkan ke pangkalan TNI AL terdekat yang tersebar ,agar  dapat di tindak lanjuti”, terangnya.

Sementara Itu Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Rizaldi menjelaskan bahwa jajaran telah siap siaga memerangi apabila kelompok- kelompok yang ingin mengganggu kedaulatan NKRI di wilayahnya.

” Kami selalu siap menjaga wilayah laut di perairan Maluku Utara dengan KAI Tidore yang selalu mengelilingi dan mengawasi pulau – pulau kecil yang berada di Malut”, tutupnya.(Arief Muluk)

loading...

Balasan