Home Life Style Diusianya Ke 12, KILMS Luncurkan Album ‘Fractured” pertahankan Warna Musik Screamo, Alternative...

SN Jakarta : Killing Me Inside yang juga dikenal dengan sebutan KILMS, menggelar jumpa pers rilis album ke-4 Single terbaru mereka ‘FRACTURED’. Peluncuran album tersebut bertepatan dengan dengan hari jadi KILMS ke 12.

(Video : KILMS Rayakan HUT ke-12 dan Peluncuran Album Barunya di Acara Festival Hijabers RUMAH MEDIA)

Di album single tersebut KILMS menggandeng mantan vokalis Band Legendaris Garasi AIU Ratna, Josaphat (Lead Guitar) mengatakan, dipilihnya AIU dalam album FRACTURED, dikarenakan suara AIU merupakan salah satu penyanyi rock berkualitas yang mempunyai suara khas dan powerfull, sehingga AIU sangat pas dengan project album KILMS tersebut.

AIU pun sangat senang dapat berkolaborasi dengan Band KILMS “setelah pulang dari Jepang, awalnya hanya ingin melanjutkan kuliah saja, setelah Rudye mengajak saya bergabung, kebetulan kesukaan-kesukaan musik Rudye sama dengan saya, setelah dicoba ternyata asik sampai sekarang”

Album Fractured yang bergenre alternative Rock, Hardrock dan screamo tersebut mengambil tema tentang fenomena yang terjadi di Jakarta akhir-akhir ini yang dirasakan adanya keretakan. Josaphat mengatakan “lagu ini menggambarkan bahwa kita peduli pada lingkungan dan tidak seharusnya keretakan itu terjadi, sehingga perlu saling menghargai sehingga bisa survive kedepannya”.

Di ajang Festival Fashion Hijabers yang diselenggarakan Rumah Media di One Bell Park Fatmawati, KILMS memperkenalkan album Fractured untuk pertama kalinya kepada pengunjung dan para Street Team (Julukkan KILM Lover) yang datang dari Jabodetabek sekaligus memperingati hari jadinya yang ke 12 dengan meniup lilin yang dipersiapkan oleh Street Team.

Duabelas Tahun Perjalanan KILMS

Killing Me Inside (juga dikenal sebagai Killms) group band asal Jakarta Selatan, dibentuk pada Juni 2005 Hingga Sekarang. Group Band yang berGenre  Pop, Screamo, Modern Rock, Post-Hardcore, Metalcore, Electronic Hardcore tersebut sudah memiliki 3,9 juta lover yang dikenal dengan STREET TEAM.

Seperti yang dilansir Wikipedia, KILMS terbentuk pada tahun 2005, dengan formasi awal KILMS digawangi :  Josaphat (guitar), Onad (bass), Rendy (drums) and Raka (guitar). Namun ditahun 2008 Raka Cyril Damar mengundurkan diri dari KILMS, dikarenakan Raka bergabung dengan Group Band Vierre, seperti yang dilansir dalam surat pengunduran dirinya melalui situs MySpace.

Akhir Desember 2008 KILMS memulai debut Albumnya di dua negara Indonesia dan Malaysia dengan merilis lagu  berjudul A Fresh Start for Something New dengan label Indie Fast Youth Records.

Pada akhir Januari 2009, Sansan dan Rendy keluar dari Killing Me Inside. Sansan keluar dengan alasan untuk lebih fokus pada band Pee Wee Gaskins, sedangkan Rendy keluar dengan alasan pertimbangan masa depan.

Pada Februari 2009, melalui blog MySpace mereka, Killms mengumumkan formasi baru mereka yang terdiri atas Onadio (vokal), Josaphat (gitar), Davi (drum), dan Agung (bass).  Namun karena alasan ketidakcocokan, Agung keluar. 2010, Rudye bergabung bersama Killing Me Inside sebagai additional bass menggantikan posisi Agung. Merasa tidak cocok, Rudye beralih sebagai keyboard dan posisi bass diisi oleh Angga.

Ditahun 2009-2010 KILMS membuat lagu berjudul ‘Tanpa Dirimu’  di Soundtrack Film Air Terjun Pengantin

Pada Agustus 2010, Killing Me Inside merilis album self-titled mereka melalui Royal Prima Musikindo (RPM) dan Crooz Records. Album ini merupakan album pertama mereka sejak formasi mereka berubah dan album pertama mereka di RPM.

(Lagu Tormented Bawa KILMS Menjadi Group Band Beraliran Screamo, Alternative Rock dan Hardcore)

 

Di album ini juga terdapat 3 lagu baru yang menggunakan lirik bahasa Indonesia, salah satu lagunya berjudul “Biarlah” diterima secara positif. Tetapi respon sebaliknya ditunjukkan oleh fans awal mereka. Fans-fans awal mereka justru kecewa dengan perubahan genre yang drastis dari Killing Me Inside.

Melakui akun twitternya Davi Frisya (Drummer)  mengundurkan diri dari KILMS (18/11/2011). Kembali KILMS merubah susunan pemain. Dengan beranggotakan Onadio (vokal), Josaphat (gitar), Rudye (keyboard), Angga (additional bass), Putra (additional drum).

Diakhir Desember 2011 KILMS memasuki dapur rekaman untuk pembuatan album ketiga berjudul ‘Melangkah” dan meraih penghargaan dalam acara Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2012 sebagai kategori karya produksi Rythm & Blues Terbaik untuk lagu Biarlah Featuring Gading Marten.

Akhir bulan Mei 2012 KILMS merampungkan album ketiganya  “One Reason” dan dipasarkan pada bulan September 2012. Dengan menggunakan Vocal scream menunjukkan kalau Killms masih tetap konsisten dengan Genre awal mereka. Bahkan di lagu “Never Go Back” lebih cenderung terdengar lebih keras dibandingkan dengan lagu Killms sebelumnya.

images(19)Pada pertengahan 2014 Rebirth : A New Beginning sempat terbengkalai. Merekapun berunding secara besar – besaran dengan pihak Label yang menaungi mereka (RPM). Onadio Leonardo pun memutuskan untuk mundur dari Band yang telah ia bentuk bersama Josaphat sejak tahun 2005 ini dikarenakan perbedaan arah dan keinginan dalam bermusik.

Onad menyatakan telah jenuh dengan genre screamo/metalcore dan sejenisnya yang biasa dibawakan oleh Killms dan ia menderita sakit tenggorokan sehingga tidak dapat bernyanyi maupun scream/growl dengan baik. Onad juga menyatakan bahwa ia ingin mengeksplorasi genre EDM/Electronic Dance Music.

Namun dalam interview dengan sebuah majalah, Onad menyatakan bahwa ia terlibat konflik dengan Josaphat. Mengacu kepada pernyataan Onad tersebut, ada spekulasi muncul bahwa mungkin konflik tersebut di sebabkan karena Josaphat ingin mempertahankan konsistensi musik Killing Me Inside, sedangkan onad ingin mecoba merubah Genre dari Band tersebut.

Hal ini tentu membawa perubahan besar dalam Formasi Killing Me Inside. Setelah berunding dengan management, diputuskanlah bahwa posisi vocalist akan di ganti oleh sosok wanita. Terpilihlah Savira Razak, finalis dari ajang pencarian bakat Mamamia 2007 menjadi vokalis Killing Me Inside untuk menggantikan posisi Onad. Melalui vokalis Vira, KILMS Merilis sebuah album yang berjudul REBIRTH : A New Beginning yang di release oleh Royal Prima Musikindo.

Ditahun 2015 KILMS mengikuti festival musik di Busan Korea, Josaphat mengatakan ” Ini merupakan kebanggaan bagi kami, karena dapat membawa Indonesia ke kancah musik dunia terutama musik beraliran Screamo, Alternative dan Hardcore disana”.

 

Editor : Hefrizal

loading...

Balasan