Home Bisnis HALAL BIL HALAL MASYARAKAT INDONESIA DI BELANDA, ASPRINDO ADAKAN PERTEMUAN DENGAN STAFF...

SIARANNEWS – Belanda – Perayaan Idul Fitri Kali ini berbeda dengan adanya pameran Halal Food yang berharap kedepannya bisa mendongkrak Halal Food di Benua Eropa tersebut yang selama ini masih di dominasi di negara Tailand berdasarkan itulah Wakil Ketua Dewan Pengawas Asprindo, Prof. DR. H. Muzakir, MA yang sedang berada di Belanda didampingi Deni Wiliadi, perwakilan Asprindo Belanda berkesempatan bertemu dengan Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Den Haag, Bapak Noorman Effendi dan Atase Perdagangan KBRI Den Haag, Ibu Rokhayati dalam rangka memperkenalkan dan mensosialisasikan Asprindo.

snbelandaWA0021-300x200

Dalam pertemuan tersebut kedua staff KBRI Den Haag menyambut baik keberadaan Asprindo dan siap bekerja sama dengan melibatkan pengusaha-pengusaha Asprindo dalam berbagai event dan pameran produk yang akan diselenggarakan di Belanda. Keduanya juga menekankan pentingnya peran Indonesia dalam memeriahkan pameran Halal Food yang akan diselenggarakan di Utrecht tanggal 20 Juni mendatang n menyambut baik keikutsertaan perwakilan Asprindo dalam event tersebut. Sehingga Indonesia ke depannya dapat lebih berpartisipasi karena selama ini pameran Halal Food tersebut masih didominasi oleh Thailand.
SnbelandaWA0019-300x200
Masyarakat Indonesia yang tinggal di Belanda dengan antusias merayakan Idul Fitri tahun ini.Tenda-tenda putih berjajar rapi, mengelilingi lapangan berumput hijau. Sementara itu, sebuah spanduk besar berwarna hijau dan bertuliskan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Jumat, 15 Juni 2018 ”, tergantung pada tembok teras Wisma Duta, kediaman resmi Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, yang berlokasi di kota Wassenaar. Siap menyambut para tamunya, yang hadir untuk merayakan hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.
snbelandaWA0020-300x200
Sekitar pukul 11.00, tamu-tamu mulai berdatangan. Mereka disambut hangat oleh Duta Besar I Gusti Agung Wesaka Puja beserta istri; Wakil Duta Besar, Fikry Cassidy; dan para pejabat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag. Meskipun Jumat, 15 Juni 2018, bukan hari libur di Belanda, tak kurang dari 2.000 orang hadir pada acara halal bi halal ini. Tak hanya kaum Muslim Indonesia di Belanda, melainkan juga warga non-Muslim, pelajar, mahasiswa, diaspora Indonesia, friends of Indonesia, dan masyarakat Belanda.
Halal bi halal KBRI Den Haag merupakan acara tahunan pada setiap perayaan Idul Fitri di Belanda. Acara ini diselenggarakan, bukan hanya untuk merayakan hari kemenangan warga Muslim, namun juga untuk menegaskan ke-Bhinneka-an Indonesia. Lewat acara ini, tali silaturahmi dan persaudaraan antara KBRI dengan masyarakat Indonesia, termasuk dengan para pemuka agama non-Islam Indonesia di Belanda dan dengan masyarakat Belanda yang memiliki kedekatan dengan Indonesia, semakin dipererat.
Halal bi halal di Wisma Duta merupakan puncak rangkaian penyelenggaraan kegiatan ramadhan dan Idul Fitri di Belanda. Malam sebelumnya, telah diselenggarakan takbir menyambut Idul Fitri di masjid Indonesia, Al Hikmah, di Den Haag. Paginya, di masjid yang sama, KBRI dan umat Muslim Indonesia melakukan shalat Idul Fitri. Bertindak sebagai Imam adalah Ustadz Muhamad Fauzi Azhar, dan sebagai Khotib, Ustadz Rifqi Maula Ade Khaerul, Lc. MA. Shalat ini dihadiri sekitar 1.800 orang, terdiri atas warga Indonesia, Belanda, dan warga negara lainnya, seperti Turki dan Maroko.

snbelandaWA0018-300x200
Layaknya Idul Fitri di tanah air, halal bi halal di Wisma Duta juga sangat kental bernuansa Indonesia. Hidangan khas lebaran, lontong opor – sambal goreng hati, dapat dinikmati di sini. Tak hanya itu, sate, rendang, gado-gado, soto konro, nasi kebuli, sayur asam, es cendol, dan ice cream pun cukup berlimpah. (Humas Asprindo)

loading...

Balasan