Home News Korban Bencana Lombok Bertambah, Kerugian Mencapai 1 Triliun Lebih

SN Jakarta : Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Lombok terus bertambah hingga Senin pagi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho. Dari data yang didapat dari BNPB menyebutkan bahwa 91 warga tewas, 209 luka-luka, 3 rumah rusak dan ribuan warga mengungsi. “Total korban tewas hingga Senin pagi berjumlah 91 orang. Semua merupakan warga negara Indonesia. Belum ada data WNA yang menjadi korban tewas akibat gempa ini” ujar Sutopo dalam keterangan pers di kantornya, Jakarta, Senin 6 Agustus 2018.

Ke 91 Korban korban tersebut diantara berasal dari Kabupaten Lombok Utara 72 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, Lombok Timur 2 orang, dan Bali 2 orang.

” Kebanyakan korban tewas adalah warga Lombok Utara, karena pusat gempa ada disana, Korban tewas kebanyakan akibat tertimbun dinding yang roboh” ujar Sutopo kembali.

Sedangkan kerugian yang timbul akibat gempa tersebut mencapai diatas 1 triliun. “Apalagi ditambah gempa 7 SR, yang lebih besar, kerugiannya pasti besar, diatas Rp 1 triliun kalau dilihat dari dampaknya seperti ini”  ujar Sutopo. Melalui metode kaji cepat, pihak BNPB akan menghitung kerugian akibat bencana dari lima sektor, yaitu : pemukiman, infrastruktur, ekonomi produktif, sosial budaya, dan lintas sektor. (Red)

loading...

Balasan