Home Opini INFRASTRUKTUR DAN PERADABAN INDONESIA

Foto : Penulis Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min
(Guru Besar Universitas Pelita Harapan)

SIARANNEWS – TANGERANG – Mencermati Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo di hadapan Sidang Tahunan MPR 16 Agustus 2018 dan 4 tahun Kinerja Kabinet Kerja, pertanyaan penting bagi bangsa Indonesia adalah: “Apa Tujuan Pembangunan Infrastruktur Indonesia?”

Tegas kita menyepakati bahwa Pembangunan Infrastruktur Indonesia adalah Pembangunan Peradaban Indonesia. Kinerja Pembangunan Infrastruktur Indonesia dalam 4 tahun Kabinet Kerja secara “fisik” mengintegrasikan konektivitas antar pulau, antara lain: Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Nusa Tenggara, dan Pulau Papua. Dampak pembangunan yang terintegrasi antar pulau ini berdampak terciptanya konektivitas budaya, pembangunan karakter, dan pemerataan kehidupan. Dampak ini semua pada akhirnya mewujudkan pembangunan “Peradaban Indonesia” yang harus lebih baik. Dahulu sirkulasi lalu lintas kebanyakan di lahan dasar, mendatang sirkulasi lalu lintas di bawah tanah bahkan jauh di atas tanah secara berlapis. Hal ini membutuhkan “mental” manusia baru sebagai wujud terciptanya peradaban. Tidak hanya itu saja, memasuki Era Revolusi Industri 4.0 yang serba cepat dan dinamis, manusia dituntut tidak hanya lebih profesional secara kompetensi, tetapi juga manusia dituntut memiliki “moral” yang lebih baik. Era Industri 4.0 juga mengoptimalkan Pembangunan Infrastruktur Indonesia.

Kajian di atas dapat disimpulkan, Pembangunan Infrastruktur Indonesia adalah Pembangunan Manusia Menuju Peradaban Masa Depan yang Maju. Kesimpulan ini memberikan rekomendasi bagi Rakyat Indonesia:
1. Pembangunan Infrastruktur berbasis Moral Bangsa
2. Pembangunan Infrastruktur didorong oleh “kebersamaan” yang terintegrasi
3. Peraturan dan Standar yang mengawal Pembangunan Infrastruktur memiliki sifat berbasis kinerja
4. Kepemimpinan Transformasional dibutuhkan dalam Proses Pembangunan Infrastruktur Indonesia
5. Pembangunan Infrastruktur Indonesia mewujudkan Peradaban Indonesia yang lebih baik dan maju.

Pasca 2019, arah Pembangunan Infrastruktur selain melanjutkan dan mengoptimalkan perencanaan yang ada, juga mengarah kepada Pembangunan Manusia yang seutuhnya untuk siap mengoperasikan, memelihara dan terus menjamin keberlanjutan pemenuhan kebutuhan manusia (human needs) secara maksimal.

Kita kawal terus Pembangunan Peradaban Indonesia dari dampak Pembangunan Infrastruktur Indonesia.
(Red)

Penulis : Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min
(Guru Besar Universitas Pelita Harapan)

loading...

Balasan