Home Opini ENERGI UNTUK ASIA : Asian Games di Indonesia 2018 adalah Bukti Prestasi...

Foto Penulis : Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min (Guru Besar Universitas Pelita Harapan)

SIARANNEWS – TANGERANG – Bukan suatu kebetulan, setelah tahun 1962, Indonesia kembali menjadi Tuan Rumah perhelatan Asian Games di tahun 2018.

Ini “Peluang Emas”. Kita juga mencermati dan belajar banyak saat Opening Ceremony Asian Games di Gelora Bung Karno, (GBK) Jakarta, 18 Agustus 2018. Apa yang bisa kita pelajari? Kemegahan? Pesta? Pagelaran Zaman Now? Atraksi Musik & Tarian? Unity in Diversity?

Saya mengajak Indonesia merefleksikan berbagai pergumulan bangsa Indonesia 4 tahun terakhir. Berbagai usaha memecah persatuan dan kesatuan Indonesia, menggunakan keunikan dan kekuatan Indonesia (ragam budaya, ragam bahasa, ragam agama) yang arahnya merusak rakyat Indonesia.
Saya sungguh mengucap syukur kepada Sang Pencipta yang terus menyertai Indonesia. Kita seharusnya dapat belajar banyak melalui Opening Ceremony Asian Games 2018, dimana Citra Indonesia saat ini diraih dengan susah payah, pengorbanan yang besar, harus menaiki bukit menyalakan Api Asian Games.

Menpora RI menekankan persiapan Asian Games 2018 memerlukan waktu setidaknya 3,5 tahun. Persiapan para penari profesional Pembukaan & Penutupan Asian Games tahun 2018 memerlukan minimal 6 bulan untuk berlatih dan finalisasi formasi. Acara Opening Ceremony 18 Agustus 2018 telah membayar harga segala pergumulan bangsa Indonesia di mata dunia.

Apa dampak penting yang perlu dicermati Pasca Opening Ceremony Asian Games di Gelora Bung Karno 18 Agustus 2018?

Bukan karena sekedar keragaman tarian, lagu, kembang api dan human configuration yang bisa kita pelajari, tetapi kita belajar beberapa hal penting:

SATU
Pancasila sungguh benar adalah Dasar Negara Indonesia yang mempersatukan

DUA
Aset Indonesia berupa jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, 17000 pulau, ragam suku, ragam bahasa, ragam agama seperti apa yg disampaikan Bpk Eric Tohir sebagai Ketua Penyelenggara, menunjukkan kekuatan Indonesia di mata dunia.

TIGA
Tidak ada kompetisi dalam Asian Games, yang ada adalah “kolaborasi”. Kolaborasi secara nasional dan internasional. Mengapa untuk berkolaborasi harus melewati pertandingan? Pertandingan menunjukkan adanya “prestasi” yang menunjukkan jika Indonesia berprestasi, Indonesia dapat menjadi teladan untuk berkolaborasi.

EMPAT
Asian Games 2018 membuka mata peluang “Peradaban Indonesia” yang semakin baik di masa depan. Keunikan peradaban Indonesia yang berangkat dari keberagaman menuju kebersamaan, dinyatakan dalam Opening Ceremony Asian Games 2018. Indonesia siap untuk memajukan peradaban Indonesia.

LIMA
Dengan majunya Peradaban Indonesia, kita sebaiknya semakin benar meresponi Proses Pemilu Indonesia, Proses Pembangunan Indonesia, Proses Penyelenggaraan Pemerintah Indonesia.

ENAM
Energi baru Asian Games yang mengoptimalkan atmosfir Indonesia, bertujuan untuk memajukan hidup bangsa Indonesia di masa depan.

Selamat terus “berprestasi”…!!!
Selamat untuk terus membanggakan Indonesia….!!!! (Red)

Penulis : Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min (Guru Besar Universitas Pelita Harapan)

loading...

Balasan