Home Daerah 3 Pilar Melebur Jadi Satu Ini Tujuan Utamanya

SIARANNEWS NUNUKAN – Gedung Amalia Jalan Tanjung Kelurahan Nunukan Barat Kecamatan Nunukan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara telah dilaksanakam kegiatan pengarahan yang melibatkan TNI, Polri dan unsur atau disebut sebagai 3 pilar, pada hari Rabu (26/09) sekitar pukul 09.00 wita.

Kegiatan Sosialisasi Sinergitas yang melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah/Kades di Kab Nunukan mengusung tema “Dengan Sinergitas, Soliditas dan Promoter bersama 3 Pilar (Babinsa, Kepala Desa/Lurah dan BhabinKamtibmas) maka Pembangunan akan berjalan dengan lancar”.

Sebanyak 250 orang hadir memenuhi gedung Amalia. Diantaranya yang hadir yakni Dirbimas Polda Kaltara Kombespol Drs. M. Yamin Sumitra, Sekda Nunukan Serfianus, S.IP., M.Si, Dandim 0911/Nnk Letkol Czi Abdillah Arif, Kapolres Nunukan AKBP Jepri Yuniardi, S.I.K, Danlanal Nunukan Letkol Laut(P) M. Machri Mokoagow, Dansatgas Yonif Raider 613/RJA Letkol Inf Fardin Wardana, Kajari Nunukan F. Zulfahmi, Ketua Pengadilan Nunukan Nasrullah SH, Kasdim 0911/Nnk Mayor Inf Biringalo dan Pa Staf, Wakapolres Nunukan Kompol Imam Muhadi dan Para Perwira Polres Nunukan, Kepala BPMPD Nunukan Jumianto, Kabid kesbangpol Nunukan Zulkarnain, Para Lurah dan Kepala Desa Se Kab Nunukan, Para Babinsa Jajaran Kodim 0911/Nnk serta para Bhabinkamtibmas Polres Nunukan.

1a-anunukan23

Diawali oleh sambutan Kapolres dan Sekda Nunukan yang menyatakan bahwasannya sama-sama beranggapan kegiatan ini mutlak bahkan wajib sekali untuk dilakukan.

Sambutan Dirbinmas Polda Kaltara juga semakin menambah arah dan tujuan mengapa kegiatan ini diselenggarakan. “Meningkatkan Kekompakan dan Soliditas 3 Pilar (Babinsa Kepala Desa/Lurah dan Bhabinkamtibmas), Dengan kekompakan 3 Pilar ini kita Kawal dan Sukseskan Pembangunan Nasional, Dengan Kekompakan 3 Pilar mari kita jaga NKRI Harga Mati”, Pungkasnya.

“Untuk itu, dalam mensinergikan peran ke 3 pilar tersebut maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan. Ke 3 unsur Pilar ini juga harus dapat membangun kemitraan, berpartisipasi aktif dan juga ikut pro aktif dengan dlm giat masyarakat. Ini dilakukan sekaligus untuk melakukan pendeteksian dan pencegahan dini terhadap bahaya terorisme di wilayahnya”, ucap dengan tegas Dirbinmas.

Selesai sambutan kegiatan dilaksanakan dengan Coffee Break kemudian dilanjutkan Penyampaian Materi oleh Dandim 0911/Nnk mengenai tentang Pembinaan Teritorial.

Dalam kutipan materi yang disampaikan oleh Dandim 0911/Nnk Letkol Czi Abdillah Arif, S.I.P menegaskan bahwa “Pembinaan Teritorial termasuk dalam Fungsi Utama TNI. Salah satu tugas TNI adalah melaksanakan Operasi Militer Selain Perang yg salah satunya diselenggarakan melalui pembinaan Wilayah Teritorial dalam rangka menciptakan RAK Juang yang Tangguh dan terciptanya Komponen masyarakat serta perekonomian masyarakat yang kuat yang siap di gunakan dalam rangka Sistem Pertahanan Semesta. Kemanunggalan TNI dengan Rakyat jg sangat penting sehingga dapat mengawal dan mensukseskan Pembangunan Nasional. TNI dan Polri adalah Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan tentunya berjuang untuk Rakyat. Bersama Rakyat TNI dan Polri Kuat”, Tandasnya.

1a-anunuk83

Pemateri dilanjutkan oleh Dirbinmas Polda Kaltara dan Kesbangpol Nunukan. Pada pukul 15.30 Wita kegiatan Sosialisasi 3 Pilar di Kabupaten Nunukan selesai digelar. Dengan diadakan pengarahan 3 Pilar ini diharapkan akan terjalin Komunikasi yang kuat sehingga tercipta situasi yang kondusif dan aman untuk menunjang kelancaran Pembangunan Nasional mulai dari tingkat pemerintahan paling bawah yaitu Desa.

Kekompakan dan Solidnya 3 Pilar ini akan dapat mencegah dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan mengganggu dan merongrong persatuan dan kesatuan yang ada di wilayah khususnya di Kab Nunukan.

Sumber : (Pendim 0911/Nnk)

Editor    : Monty

loading...

Balasan