Home Olahraga Sanksi Tegas PSSI Terhadap Persib Bandung

SIARANNEWS JAKARTA – Induk organisasi sepakbola tanah air PSSI telah menjatuhkan sanksi untuk Persib Bandung atas perlakuan kejam oknum suporternya yang mengeroyok pendukung Persija Jakarta hingga tewas. Sanksi itu diambil berdasarkan hasil rapat Komisi Disiplin (Komdis) yang diedarkan pada Selasa 2 Oktober.

Putusan Komdis bukan hanya dari kasus pembunuhan The Jakmania saja. Akan tetapi, Persib juga dianggap bersalah karena suporternya melakukan intimidasi kepada ofisial Persija saat MCM (pertemuan teknis) dan melakukan sweeping.

Atas situasi gagal memberikan rasa aman dan nyaman itu, bukan hanya manajemen klub saja yang diberikan sanksi. Pasalnya, Komdis juga punya hukuman tersendiri untuk panitia pelaksana pertandingan, suporter dan juga semua tersangka pengeroyokan suporter Persija, Haringga Sirila.

Haringga meregang nyawa ketika hendak menyaksikan langsung pertandingan tim kesayangannya kontra Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 23 September lalu. Saat itu, dikeroyok secara biadab oleh oknum suporter Persib.

Berikut sanksi PSSI terkait tewasnya Haringga:

1. Persib Bandung (klub)

Pertandingan home Persib di luar pulau Jawa  akan bergulir tanpa penonton hingga akhir musim 2018. Kemudian, Persib juga bakal tampil tanpa penonton di Bandung hingga setengah kompetisi musim 2019.

2. Suporter Persib Bandung

Suporter Persib Bandung dilarang menyaksikan laga kandang maupun tandang timnya serta klub lain hingga pertengahan kompetisi Liga 1 Indonesia 2019.

3. Panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung

– Ketua panpel  & petugas keamanan yang terlibat dilarang bergabung dengan kepanitiaan pertandingan Persib selama dua tahun.
– Panpel Persib didenda sebesar Rp 100 juta.
– Panpel Persib Bandung wajib memerangi dengan cara apapun kasus rasisme, tulisan provokasi serta slogan hinaan yang biasanya terdapat di spanduk, poster, baju dan atribut lainnya.

4. Tersangka pengeroyok suporter Persija

Semua tersangka pengeroyokan suporter Persija, Haringga Sirila, dilarang menyaksikan sepak bola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup. (pssi.org). (Beby Hendry)

loading...

Balasan