Home Militer HUT ke -73, Keberadaan,Profesionalisme, dan Posisi TNI Jelang Pemilu2019

SIARANNEWS JAKARTA – ‎ Hari ini, 5 Oktober 2018 Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari jadinya yang ke – 73 tahun. Saya berharap diusianya yang semakin bertambah, TNI kian profesional dan menjadi kekuatan pertahanan utama NKRI dalam mengantisipasi setiap gejolak dan ancaman negara baik dari dalam maupun luar yang disebut ancaman global. Keberadaan dan kesiapsiagaan TNI dalam segala waktu sangat penting dalam mengawal kedaulatan dan keamanan bernegara di tengah memanasnya situasi kekinian di berbagai belahan dunia.

‎Apresiasi mendalam patut diberikan juga kepada para personil baju loreng tersebut yang telah terlibat langsung dalam tindakan evakuasi, bantuan dan rekonsiliasi dalam berbagai bencana alam dahsyat yang tengah melanda tanah air akhir-akhir ini, antara lain, di Lombok NTB dan Palu Sulteng.

‎Menurut saya yang tak kalah pentingnya juga, dalam kondisi peta perpolitikan tanah air yang tengah dalam persiapan menghadapi pesta demokrasi pemilihan umum 2019 di mana akan bertarung dua pasangan capres-cawapres di kontestasi pemilihan Presiden.  Ada juga pemilihan legislatif (pileg) serta pemilihan anggota senator di waktu yang sama, di mana keberadaan dan pelibatan TNI sudah dipastikan diterjunkan guna mengamankan jalannya ajang pesat demokrasi tersebut. Yang harus dipahami betul yakni, TNI hanya mengamankan. Posisi TNI sekali lagi hanya mengamankan dan tidak boleh terlibat dalam hal-hal berbau politik praktis.

‎Masih terngiang dalam ingatan kita di mana TNI mereformasi‎ diri sejak lahirnya Undang- Undang No. 32 Tahun 2004 tentang TNI. Aturan ini pula yang menjadi sejarah awal bagi TNI untuk bisa kembali menjajaki peran sesuai tugas dan fungsinya di dalam negara ini.

‎Lahirnya Undang- undang No.32 Tahun 2004 tentang TNI ini sebagai respon terhadap upaya reformasi dari dwi fungsi TNI di era Orde baru. Adapun Undang-undang tersebut secara tegas melarang Korps TNI melakukan aktivitas atau kegiatan politik praktis.‎(Beby Hendry)

loading...

Balasan