Home News ‎MUI Siap Bangun Budaya Hukum yang Berkepastian

SIARANNEWS JAKARTA – Dalam rangka penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas Komisi Hukum dan Perundang-Undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), maka akan dibentuk Pengurus Komisi Hukum pada Pengurus Wilayah.

Demikian isi poin pertama yang diungkapkan Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan MUI, ‎H Ikhsan Abdullah di Jakarta, Kamis (18/10/2018) usai menggelar Rakor Komisi Hukum dan Pengurus Wilayah Majelis Ulama Indonesia se Indonesia.

Ikhsan mengatakan, penguatan kelembagaan sebagaimana poin pertama dengan membangun kerjasama yang sinergis dengan MK, MA, Kejagung dan Polri sesuai peran MUI dalam rangka Himayatul Umat.

Selain itu menurutnya, Kerjasama yang akan segera dilakukan adalah berupa Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, Ketua MK, Anwar Usman dan Ketua MA, Hatta Ali dan dengan Mabes Polri dan Kejaksaan Agung guna penegakan hukum yang berkepastian dan berkeadilan mendorong tersedianya Mediator dan Negosiator Syariah dalam rangka menuhi kebutuhan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan Masyarakat dengan semakin meningkatnya sengketa syariah di masyarakat.

“Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI ke depan siap mengawal penegakan hukum sebagai mitra pemerintah dalam menjaga penerapan hukum dan membangun budaya hukum yang berkepastian dan berkeadilan untuk kepentingan umat,” jelas Ikhsan. (Hendry)

loading...

Balasan