Home Daerah Perwakilan Kemenhan Malut Ajak Mahasiswa Dan Komunitas GBC Untuk Bersihkan Pantai Sulamadaha

SIARANNEWS TERNATE – Perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Mahasiswa jurusan Kesehatan lingkungan, organisasi kemasyarakatan dan komunitas Gamalama Bicycle Club (GBC) Ternate melaksanakan kegiatan bakti sosial pembersihan sampah di PantaiSulamadaha KecamatanTernate Barat, Kota Ternate.

Kepala Perwakilan Kemenhan Provinsi Malut,Kolonel Marinir Rahmat Djunaidi memgatakan bahwa pihaknya memggandeng mahasiswa jurusan Kesehatan lingkungan dan organisasi kemasyarakatan serta Kominutas Gamalama Bicycle Club (GBC) ini dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan pesisir pantai.
“Sebelum kegiatan dimulai diawali dengan kegiatan Sosialisasi tentang Ancaman Nir militer yang diberikan oleh kami (red – Perwakilan Kemenhan Malut) kepada seluruh peserta dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan nyata yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan  dalam melaksanakan pembinaan terhadap potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Buatan, agar tercipta ketahanan wilayah yang tangguh,”ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat Kelurahan Sulamadaha khususnya diwilayah Kota Ternate dalam membudayakan hidup bersih.

“Kami berharap kegiatan ini akan menjadi kebiasaan masyarakat pesisir pantai untuk dapat hidup dengan lingkungan bersih dan selalu menjaga kebersihan lingkungan “,jelas Rahmat
Sementara itu di tempat yang sama Lurah Sulamadaha, Syamsuddin Samad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenhan selaku Panitia bahwa dengan diadakan pembersihan pesisir pantai yang dilaksanakan Kementerian Pertahanan dan seluruh elemen masyarakat, diharapkan warga masyarakat sekitar peduli akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

“Kebersihan yang terus menerus diadakan dan dipelihara pasti akan membuat rasa nyaman dan indah untuk dilihat. Buanglah sampah pada tempatnya dan terus jaga kebersihan laut sehingga pemandangan akan indah untuk dinikmati sampai anak cucu kita dimasa mendatang,” ujarnya.

Lurah Sulamadaja juga menerangkan bahwa selain laut dalam keadaan bersih, ikan-ikan serta makhluk hidup di laut akan bereproduksi dan berpopulasi secara berkelanjutan, “Sehingga akan menambah penghasilan bagi nelayan dan juga kepada orang sekitarnya karena para turis asing maupun lokal akan senang untuk datang ke tempat kita,” terang Syamsudin.

Dalam acara Karya Bhakti pembersihan pantai ini diikuti 100 orang yang melibatkan Mahasiswa, organisasi masyarakat, Komunitas Sepeda GBC, perwakilan dari PT Garuda  dan  warga masyarakat sekitar pantai .(AM/Red)

loading...

Balasan