Home Opini Indonesia Belum Memiliki Undang-Undang Kebakaran : Segera Tetapkan Mulai Sekarang…… !!!

Foto : penulis Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min
(Guru Besar Universitas Pelita Harapan)

SIARANNEWS TANGERANG-Mencermati berbagai dampak kerugian dari berbagai Risiko dan Bencana baik terjadinya Risiko Kebakaran setiap hari di Jakarta yang terjadi 4 kali dalam satu hari dan Bencana Gempa di Lombok, Jawa Timur, Bali, Palu dan Donggala, dan juga mencermati diterbitkannya PerMendagri No. 2 tahun 2013 tentang Pedoman Pengembangan Sistem Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah, serta mencermati PerMendagri No 16 tahun 2009 tentang Standar Kualifikasi Aparatur Pemadam Kebakaran, Indonesia harus merespon cepat untuk segera menerbitkan Undang-Undang Kebakaran. Adapun Undang-Undang Kebakaran mendatang akan “menata” berbahai hal pencegahan, pemadaman, dan penanggulangan kebakaran di lingkungan alam, lingkungan binaan (bangunan, bangunan gedung, pedesaan, perkotaan), lingkungan sosial. Cikal bakal Undang-Undang Kebakaran yang akan disahkan, bermula dari Naskah Akademis dan RUU Undang-Undang Kebakaran. Berbagai hal serta peraturan dan standar yang mendorong diterbitkannya Undang-Undang Kebakaran, yaitu:

1. Peran Unit Pemadam Kebakaran “Vital” dalam mencegah kebakaran termasuk dalam proses penanggulangan
bencana
2. UU No. 24 th 2007 tentang Penanggulangan Bencana
3. UU No. 23 th 2014 tentang Pemerintahan Daerah
4. UU No. 28 th 2002 tentang Bangunan
Gedung
5. UU No. 26 th 2007 tentang Tata Ruang
6. UU No. 32 th 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
7. Berbagai Perda tentang Penanggulangan Bencana
8. Berbagai Perda tentang Bangunan
Gedung
9. Berbagai Perda tentang Tata Ruang
10. Berbagai Perda tentang Perlindungan
dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Dalam rangka perwujudan lahirnya UU Kebakaran di Indonesia, saat ini Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI bersama Kementerian Pendayagunaan & Aparatur Negara RI yang didukung sejumlah Pakar Keselamatan Terhadap Bahaya Kebakaran. sedang mempersiapkan Pengesahan Jabatan Fungsional (Jafung) Pemadam Kebakaran dalam rangka memvitalkan unit Pemadam Kebakaran di Indonesia. Sangat diharapkan dengan pengesahan Jabatan Fungsional (Jafung) Pemadam Kebakaran, akan meningkatkan Kualifikasi Kompetensi serta Kesejahteraan Pemadam Kebakaran, yang tentunya akan mendukung penuh proses pembentukan dan implementasi Undang-Undang Kebakaran yang akan disahkan mendatang.

Di dunia internasional, dengan diterbitkannya Undang-Undang Kebakaran di Indonesia, akan lebih memvitalkan positioning Indonesia dalam rangka mengantisipasi bahaya kebakaran.

Kita mendukung bersama diterbitkannya Undang-Undang Kebakaran di Indonesia….!!!

loading...

Balasan