Home Maritim Menhub Tegaskan Tenaga Pandu Utamakan Keselamatan Dalam Tugas Pemanduan Saat Melantik Pengurus...

SIARANNEWS MEDAN – Dalam rangka press gathering yang diadakan disalah satu hotel kota medan Senin (19/11) Capt. Pasoroan Herman Harianja mengatakan Alhamdulilah Menteri Perhubungan telah melantik 23 Pengurus Pusat Indonesia Maritime Pilots’Association (INAMPA) di Jakarta, Kamis (15/11) diruang Matraman Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Bapak Menteri Perhubungan setelah melantik kami serta memberikan arahannya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta tenaga pandu untuk menjalankan tugas dan kewajibannya memandu kapal dengan aman dan tepat sehingga dapat mendukung terciptanya keselamatan, keamanan dan kelancaran lalu lintas kapal serta perlindungan lingkungan maritim di perairan nusantara. Hal ini disampaikan Menhub usai melantik 23 Pengurus Pusat Indonesia Maritime Pilots’Association (INAMPA) di Jakarta, Kamis (15/11).

Menhub mengatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran serta Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2010 tentang kenavigasian, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 57 Tahun 2015 tentang pemanduan dan penundaan, telah diatur mengenai teknis pemanduan dan penundaan kapal di perairan.

1ainampa4

“Dalam pelaksanaan kegiatan pemanduan, badan penyelenggara pemanduan yang mempekerjakan para pandu harus melaksanakan hak dan kewajibannya. Saya minta kepada teman-teman pandu untuk selalu mengutamakan safety dalam bertugas, sehingga mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan angkutan perairan dan pelabuhan. Ini guna mewujudkan zero accident,” ujar Menhub.

Selain mengutamakan aspek keselamatan, Menhub Budi Karya menegaskan bahwa tenaga pandu harus lebih berkarya dan mengembangkan diri untuk menjadi profesional di bidangnya.

“Profesionalitas dari organisasi ditunjukkan bahwa sudah diterima secara internasional, INAMPA telah menjadi anggota International Maritime Pilots Association (IMPA) sejak tahun 2017 yang semakin menunjukkan eksistensi dan profesionalisme INAMPA yang setara dengan asosiasi pandu negara belahan dunia lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut Menhub Budi berpesan agar asosiasi pandu dapat berkarya nyata dalam mewujudkan program-program yang bermanfaat bagi kepentingan dan pengembangan baik badan usaha, pengguna jasa maupun bangsa Indonesia.

“Semoga dengan terbentuknya kepengurusan baru INAMPA ini dapat menyumbang pemikiran positif dan mampu bersinergi dengan pemerintah, sehingga terwujud penyelenggaraan transportasi laut nasional yang efektif, efisien dan berdaya saing, serta memberikan nilai tambah,” Demikian ungkapan Menteri Perhubungan saat melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) periode 2018-2023 yang dikomandoi oleh Pasoroan Herman Harianja, selaku President, Capt. Medi Kusmana, M.Mar selaku Sekretaris Jenderal, dan Capt. Suwarto, S. Pel, selaku Bendahara Umum, dengan jajaran pengurus lainnya antara lain: Capt. Ahmad Jauhari, MM. M. Mar, Capt. H.M Djafar, M. Mar, Capt. Masduki, M. Mar, Capt. Syamsul Bahri Kautjil, M. Mar, Capt. Agus Pujotomo, M. Mar, Capt. Lufti Martoni, Capt. Sonny M. Ichsan, Capt. Parwoto, Capt. Yusuf Yunus, M. Mar, Capt. Abdullah Effendy, M. Mar, SH, MH, Capt. Bambang Muhardono, Capt. Agoes Soeryanto, SH, MH, Capt. Suparman, M. Mar, Capt. Ikrar S, M. Mar, Capt. Amiroel Kusni, M. Mar, Capt. Al Abrar, M. Mar dan pengurus lainnya., pada hari Kamis, tanggal 15 November 2017 pukul 15.00 WIB di ruang Mataram Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di Jakarta.

Selanjutnya, Menhub meminta kepada President INAMPA dan jajarannya terus berkontribusi membangun bangsa dan Negara Indonesia dalam menjunjung tinggi profesionalisme profesi sebagaiperantara keselamatan maritim di Indonesia dan dunia Internasional lainnya melalui hard skill dan soft skill, dan terus bersinergi dengan pemerintah, Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dan Pelsus serta stakeholder korporasi maritim lainnya guna mewujudkan obsesi World Class Maritime Pilots’ With Zero Accident sebagaimana Tema Musyawarah Besar (MUBES) ke IV INAMPA tahun 2018 yang jaya saat ini dibuka oleh Menteri Perhubungan, sinergi, networking, profesionalisme, dan terus belajar dan berkarya menjadi kata kunci untuk kemajuan INAMPA, tutur Menhub pada acara pelantikan tersebut yang dihadiri oleh berbagai stakeholder pemerintah, dengan sahabat, BUMN, BUP dan organisasi profesi kemaritiman dan dunia usaha lainnya.

iainampa3

Herman panggilan akrab sang President INAMPA, menyatakan berterima kasih kepada pemerintah khusunya kementerian perhubungan, kementerian koordinator bidang kemaritiman yang terus ikut serta membina dan mengembangkan INAMPA termasuk BUP dan stakeholder lainnya. Kepada anggota INAMPA di seluruh Indonesia, President INAMPA menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kepercayaan yang diberikan oleh anggota untuk memimpin INAMPA lima tahun kedepan.

Ketika media menanyakan beliau tentang obsesi kedepan, Herman mengatakan, “Profesionalisme, kolaborasi, dengan pemerintah di BUP/Pelsus/TUKS) dan stakeholder maritim lainnya harus terus dipelihara dan ditingkatkan.“ sedang jaringan Internasional akan terus diperluas dengan kerjasama berbagai koorporasi organisasi dan negara lainnya di seluruh dunia.

Maritime Pilots’ Indonesia adalah duta bangsa dalam mempromosikan,
melaksanakan dan membranding Indonesia dalam perspektif
a. Maritime Safety
b. Maritime Security
c. Maritime Environmental Protection
d. Maritime Sustainability
e. Maritime Collaboration

Herman juga menambahkan akan segera melantik pengurus baru di wilayah kerja INAMPA, yaitu:
1. DPW-I di Medan/Belawan
2. DPW-II di Tanjung Priok
3. DPW-III di Tanjung Perak-Surabaya
4. DPW-IV di Makassar
5. DPW-V di Jakarta

Dan pembentukan unit khusus untuk Provinsi Kepulauan Riau di Negara ASEAN lainnya sebagai sentra maritim di wilayah barat Indonesia yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

1ainampa

Pada kesempatan tersebut Herman juga memberi informasi bahwa tahun
2019 akan segeramengirimkan Perwira Pandu ke Pelabuhan Luar Negeri yang ada di ASEAN, Afrika, Timur Tengah dan belahan bumi lainnya, selain secara aktif untuk mengikuti: “The 2nd Asia Pasific Maritime Pilots’ Forum” di Sidney 2019 dan IMPA Congress 2020 di Mexico Latin Amerika.

Herman pada kesempatan itu memperkenalkan pengurus baru antara lain: Capt. Syamsul Bahri Kautjil, MM selaku Vice President Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Institusi, dan Capt. Al Abrar M. Mar selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan INAMPA. (Monty/PHH Inampa)

loading...

Balasan