Home Politik RR : UU Desa di Klaim Karya Rezim Sekarang, Ini Kebohongan Dan...

SN Jakarta — Ketua Dewan Pembina Persatuan Rakyat Desa Nusantara (Parade Nusantara) Dr. Rizal Ramli merasa terusik dengan adanya klaim Dana Desa merupakan buah karya pemerintahan saat ini.

“Ada yang ngaku-ngaku sangat berjasa merumuskan UU Desa dan alokasi dana desa Rp 1 Milyar perdesa pertahun,” ujar RR, Sabtu (19/1).

Lanjutnya, perjuangan Parade Nusantara dibawah kepemimpinan Sudir Santoso untuk mendapatkan alokasi dana 10 persen dari APBN tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Kata dia, saat itu ratusan kepala desa bersama dengan tokoh-tokoh kunci perjuangan UU Desa harus melaksanakan rapat berkali-kali di berbagai tempat sehingga mampu menekan Pemerintahan SBY untuk mengundangkan UU tersebut.

“Adalah Pak Sudir Santoso, Ketua Organisasi Kepala Desa Parade Nusantara dan kawan-kawan, Slamet Rajardjo Ketua Jatim, Jihat Ketua Jogya, Tri Rahardjo Ketua Jateng dan lain-lain dan Ketua Panja DPR, Pak Muquam Fraksi PPP, adalah tokoh-tokoh kunci perjuangan UU Desa tahun 2013-2014 tersebut. Parade Nusantara mengadakan pertemuan dengan ratusan Kepala Desa di Jatim, Jateng, Jogya, Banten dan lain-lain,” terang Ketua Dewan Pembina Asprindo itu.

Alhasil kata RR dengan aksi unjuk rasa yang melibatkan ribuan Kepala Desa se Indonesia di depan Istana Merdeka dan Gedung DPR/MPR pada saat itu, UU tersebut berhasil dirampungkan pada tahun 2013.

“Dan diundangkan pada tahun 2014 pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudoyono,” pungkasnya.

Senada dengan itu Inisiator Parade Nusantara Sudir Santoso menegaskan bahwa Undang-Undang Desa ditetapkan dalam sidang paripurna DPR-MPR pada tanggal 18 Desember 2013.

“Saat itu pak Jokowi adalah Gubernur DKI Jakarta sedangkan presidennya adalah Pak SBY,” jelas Sudir yang juga Ketua Umum Parade Nusantara.

Dia menambahkan klaim UU Desa merupakan buah karya rezim saat ini adalah sebuah kebohongan dan pembodohan terhadap publik. (***)

loading...

Balasan