Home Bisnis Asprindo Berharap Presiden Mendatang Dapat Mewujudkan Ukm Sebagai Lokomotif Perekonomian Nasional

SN Makassar — Ketua Umum DPP Asprindo H. Jose Rizal mengatakan untuk memantapkan program kerja Asprindo, pihaknya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Rapimnas.

Kata dia, Rapimnas yang akan digelar pada akhir bulan Maret 2019 ini dimaksudkan untuk melahirkan rekomendasi kepada kandidat Presiden/Wakil Presiden.

Lanjutnya, rekomendasi tersebut menitik beratkan pada perwujudan UKM sebagai lokomotif pembangunan ekonomi nasional Indonesia secara berkelanjutan.

“Kita ingin agar Presiden yang terpilih nanti mampu meningkatkan kontribusi UKM terhadap total nilai ekspor non migas pada tahun 2024 dari 20% menjadi 50%,” ujar Jose Rizal saat mengukuhkan pengurus DPW Asprindo Sulawesi Selatan, di Makassar, Sabtu (9/3).

Menurut Jose Rizal langkah-langkah strategis mewujudkan UKM sebagai lokomotif perekonomian di Indonesia dapat dicapai dengan menyatukan fungsi kebijakan pembangunan UKM dibawah satu kementerian, termasuk dalam rangka effisiensi APBN dan effektivitas regulasi agar tidak terjadi overlap.

Selain itu kata dia, menyatukan fungsi operasional aktivitas bisnis UKM dalam perdagangan internasional dibawah satu atap dalam bentuk Trading House Indonesia dengan peran khusus sebagai commercial intermediaries dalam mempermudah akses UKM ke pasar global khususnya dalam mencapai target kontribusi UKM terhadap total ekspor non migas menjadi 50% pada tahun 2024.

“Juga menerapkan azas ekonomi gotong royong dan pemerataan kesempatan berusaha dalam pembangunan UKM Indonesia dengan tekanan pada pasar internasional sebagai kebijakan strategis 2020 – 2024,” ujarnya lagi.

Dia menambahkan mewujudkan UKM sebagai Lokomotif perekonomian Indonesia juga dapat dicapai dengan memperkuat peran bumi putra sebagai bagian strategis dari struktur keseimbangan pelaku dunia usaha Indonesia dengan memperluas kebijakan ber-basis preferensi dan diterjemahkan sebagai kebijakan strategis 2020 – 2024.(Red)

loading...

Balasan