Home Daerah APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PENGAMANAN PEMILU TAHUN 2019, BENTUK KESIAPAN TNI-POLRI...

SIARABNEWS BANDUNG – Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto M.S.I., Pandam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019, Jum’at (22/3/2019)

Apel Gelar Pasukan ini diikuti sekitar 13.000 personel, terdiri dari Polri,
TNI, Ormas, Potmas, Linmas serta instansi terkait lainnya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan, diselenggarakan secara serentak dan masif diseluruh wilayah Indonesia baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten /Kota dengan melibatkan TNI-Polri dan seluruh Komponen Bangsa lainnya.

Tujuan dilaksanakan apel gelar pasukan ini, untuk mengecek sampai sejauh mana kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pemilu 2019 diwilayah Hukum Polda Jabar, sehingga dapat terlaksana dengan aman, lancar dan damai.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.S.I. dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.

Dalam kacamata Kamtibmas peningkatan intensitas kegiatan Politik ini dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, diantaranya pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu isu yang dapat memecah belah persatuan Bangsa serta penyebaran hoax dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Menurut Kapolda Jabar, Jajaran TNI-Polri harus senantiasa menjaga Netralitas dan meningkatkan soliditas juga sinergitas dalam bekerjasama mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Diharapkan agar para pihak penyelenggara Pemilu 2019, senantiasa menjaga Netralitas dan Transparansi dengan tidak berpihak kepada salah satu paslon, sehingga terwujud pelaksanaan Pemilu yang aman, damai dan sejuk di Wilayah Hukum Polda Jabar.

Kepada seluruh komponen Bangsa, agar berpartisipasi dalam menjaga situasi Kamtibmas yang damai dan kondusif untuk menjaga persatuan serta kesatuan Bangsa.

Pejabat yang hadir pada kegiatan tersebut hadir pula Dankorpaskhasau,
Ketua DPRD Jabar, Kajati Jabar, Kapengti Jabar, Ketua KPU Jabar, Ketua Bawaslu Jabar, Ketua MUI Jabar, Kabinda Jabar, Kasgartap IIBandung, Wakapolda Jabar, Para Komandan Kesatuan TNI Dan Polri,  Unsur Pimpinan Pemerintah serta Intansi Terkait, Pejabat Utama Kodam III/Siliwangi, Pejabat Utama Polda Jabar, Para Ketua Partai Politik,  Ketua Tim Sukses Paslon Nomor 1 dan Nomor 2, Serta Seluruh Komponen Bangsa. (Monti/Humas Polda Jabar)

loading...

Balasan