Home Bisnis Jusuf Kalla Buka Trade Expo Indonesia 2019 di ICE BSD

SN Tangerang – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla  (JK) meresmikan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34 tahun, Rabu (16/10). Ajang promosi tahunan berskala internasional tersebut diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut yang dimulai dari tanggal 16 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2019, dengan mengusung tema “Moving Forward to Serve the World”. Sesuai tema tersebut, TEI merupakan ajang yang tepat mempromosikan produk berkualitas buatan Indonesia untuk dipasarkan secara global.

Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, pemerintah menargetkan 35.000 transaksi antara eksportir, importir, dan investor, sehingga target dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Dody Mulyadi mengatakan, hingga saat ini, sudah terdaftar 1.125 perusahaan atau pedagang dari 1.200 perusahaan atau pedagang yang ditargetkan Menteri Perdagangan.

Video : Stand ASPRINDO diminati Pengunjung TEI 2019

Menurutnya kembali, hingga 17 September 2019, telah terdaftar lebih dari 1.125 buyers asing atau calon pembeli di TEI 2019 dari 56 negara.

Dalam hal menjaring buyers asing, Kemendag berkoordinasi dengan 132 kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, 23 atase perdagangan, 19 Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, Duta Besar World Trade Organization (WTO), serta Konsul Perdagangan.

Pemerintah berharap transaksi di Ajang ini diharapkan dapat meningkat 10-15% dari transaksi TEI ditahun 2018. atau senilai Rp 24,3 trilliun dari pencapaian transaksi 2018 yang hanya mencapai Rp 21 Trilliun.

Ajang TEI 2019 kali ini menggelar berbagai macam produk dalam negeri, di antaranya makanan dan minuman, manufaktur, handicraft, produk hortikultura, perikanan, dan sebagainya. Dengan targetnya agar produk-produk tersebut dapat menembus pasar ekspor.

 

Salah satu peserta TEI 2019 yang ambil bagian dalam ajang ini adalah ASPRINDO, yang merupakan wadah bagi para pengusaha khususnya UMKM yang berada diseluruh Indonesia. Dalam ajang ini ASPRINDO menggelar berbagai macam jenis produk dari anggota asprindo yang berada diseluruh wilayah Indonesia.

“ini merupakan keikusertaan ASPRINDO yang kedua kali, pada TEI 2018 ASPRINDO sudah ikut berperan aktif untuk ambil bagian dalam ajang ini dengan melakukan bussiness matching dari berbagai negara-negara di Asia, Afrika dan Eropa” ujar Amin APPA selaku ketua delegasi ASPRINDO dalam ajang TEI 2019.

“Diajang tahun ini kami optimis bahwa akan terjadi peningkatan yang signifikan baik dalam produk yang digelar, transaksi dan kerjasama export dengan pihak investor ataipun buyer luar negeri. (Swd)

loading...

Balasan