Home Bisnis API Usung Tema ‘Textile & Garment, from Indonesia to the World’ di...

SN Tangerang, 16 Oktober 2019 – Komitmen Asosiasi Petekstilan Indonesia (API) untuk mendukung program pemerintah melalui peningkatan ekspor produk tekstil dan garment Indonesia direalisasikan melalui kontribusi API dalam penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 16 – 20 Oktober 2019.

Selain membuka booth, bersama dengan 23 perusahaan dibawah naungan API, telah berhasil menyelesaikan misi dagang ‘menjemput bola’ yang juga merupakan langkah proaktif untuk menunjukkan kemampuan industri TPT Indonesia melalui Trade Expo Indonesia Textile Showcase Summit (TEITSS).

Misi dagang ini bertujuan untuk menunjukkan kapabilitas dan kapasitas setiap perusahaan kepada merek-merek terbesar didunia, membawa Indonesia dalam radar rantai pasokan yang kompetitif, efisien, terintegrasi, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Indonesia telah memiliki fasilitas integrasi dari hulu ke hilir, dimulai dari serat rayon, polyester, benang, kain mentah, kain jadi hingga pakaian jadi.

Hal ini menjadi aset luar biasa bagi para pengusaha merk dan ritel global, karena bisa menghemat biaya dan waktu produksi yang dinamakan ‘One Stop Destination’

(sebagai data pendukung, Lampiran 1 – Structure & Sector of Indonesia Textile & Garment Industry)

TEITSS mengundang sebanyak 30 merek dan ritel global untuk hadir di puncak acara TEI 2019 dan memfasilitasi tamu untuk melihat 13 perusahaan yang berlokasi di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang telah dimulai sejak 14 Oktober 2019.

Komitmen API adalah untuk pencapaian nilai target ekspor produk TPT Indonesia

(Lampiran 2 – Indonesia’s Target)

dan untuk peningkatan daya saing produk TPT Indonesia yang tentunya mengharapkan dukungan dari pemerintah sehingga terjadi peningkatan ekspor dan penurunan impor.

API berharap bahwa TEITSS dapat menjadi suatu awal yang baik bagi Industri Tekstil dan Garment Indonesia, sehingga sinergi antara pengusaha dan pemerintah dapat terakselerasi.

Selain itu, API juga berharap bahwa inisiatif ini dapat menjadi contoh untuk sektor industri lain dalam negeri, agar seluruh sektor industri Indonesia dapat mencetak surplus dagang untuk Indonesia.

Badan Pengurus Nasional Asosiasi Pertekstilan Indonesia

Anne Patricia Sutanto

(Ketua Trade Expo Indonesia Textile Showcase Summit (TEITSS)

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Luar Negeri BPN API)

loading...

Balasan