Home Life Style Walhi Lindungi Gunung Padang Cianjur Dengan 2.000 Bibit Pohon

PB, Cianjur – Total 2000 bibit pohon dari berbagai jenis, ditanam di sekitar kawasan situs megalit Gunung Padang di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, akhir pekan kemarin.

Penanaman bibit pohon tersebut selain untuk melindungi situs arkeologi tertua di dunia, juga sebagai bagian dari peringatan Hari Pohon Sedunia (World Tree Day) yang jatuh setiap tanggal 21 November.

Koordinator Sahabat Gunung Padang, Eko Wiwid, mengatakan, upaya yang dilakukan lintas komunitas itu bertujuan untuk mempertahankan tata kelola ekosistem dan ekologi serta peninggalan sejarah masa silam kejayaan leluhur bangsa Indonesia.

Salah satunya dengan menanam kembali pohon khas Gunung Gede Gunung Pangrango di kawasan situs Gunung Padang.

“Peringatan Hari Pohon Sedunia yang kami lakukan merupakan satu bentuk kampanye, untuk mengingatkan pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahluk hidup di bumi. Bentuk kampanyenya dengan menanam bibit pohon besar khas Gunung Gede Gunung Pangrango di kawasan penyangga situs Gunung Padang,” jelas Eko yang juga penggiat lingkungan hidup Cianjur itu.

Bibit pohon khas di kawasan Gunung Gede Pangrango yang ditanam di kawasan penyangga situs Gunung Padang, di antaranya bibit pohon rasamala, puspa, saninten, huru, manglid, dan lain-lainya yang merupakan pohon yang bisa tumbuh cukup besar dan umur yang lebih panjang.

Alasan dipilihnya pohon khas Gunung Gede Pangrango,  lanjut Koordinator Walhi Cianjur iu, keberadaan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Padang di muka Nusantara mempunyai hubungan erat, baik hubungan menurut legenda yang berkaitan dengan sejarah para leluhur maupun hubungan hasil kajian dan riset ilmuwan kekinian.

“Hubungan pohon khas Gunung Gede Pangrango dan Situs Gunung Padang sangat jelas dan nampak secara ekologis, dimana sebaran pohon-pohon khas Gunung Gede Pangrango berada di perbukitan seputaran kawasan penyangga situs Gunung Padang,” tambah dia.

Eko menambahkan, penanamam ribuan bibit pohon tersebut dilakukan selama tiga hari berturut-turut mulai Jumat (20/11) – Minggu (23/11) kemarin.

“Itu kami lakukan juga sekaligus mengajak para pengunjung situs agar kampanye hijau ini semakin tersebar luas. Sekaligus sebagai pembelajaran akan pentingnya pohon dalam kehidupan dan keberlangsungan manusia di muka bumi ini,” pungkas dia.

Turut dalam penanaman pohon tersebut Wakil Bupati Cianjur, dr Suranto, MM.

(RUH

loading...

Balasan