Home Daerah Ribuan Warga Cianjur Serbu KPUD

PB, Cianjur – Sebanyak lebih dari 1.000 orang ‘menggeruduk’ gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur di komplek Belka Jalan KH Abdullah bin Nuh, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Rabu (25/11) pagi.

Bukan untuk berdemo, melainkan dikumpulkan untuk proses pensortiran dan pelipatan kertas suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Cianjur yang akan dihelat 9 Desember 2015 mendatang.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ribuan orang yang berasal dari seputaran Kecamatan Cianjur kota, Karangtengah, Cilaku, Warungkondang dan Cugenang itu, sudah memenuhi gudang KPU Cianjur sejak pukul 07.00 wib.

Setelah didata, mereka langsung mendapatkan pengarahan dari KPU Cianjur berkenaan dengan teknis pensortiran dan pelipatan kertas suara.

Imas Imon (73), salah satu warga yang ikut dalam proses sortir dan pelipatan mengaku, baru kali ini ia ikut dalam pelipatan kertas suara tersebut.

Ia pun diajak oleh salah seorang tetangganya yang merupakan koordinator dari KPU Cianjur untuk mengajak orang sebanyak mungkin.

“Iya karena sehari-hari cuma ibu rumah tangga saja. Jadi mau ikut, karena di rumah tidak ada kerjaan,” kata dia.

Perempuan yang sudah bertahun-tahun menjanda itu menyebut, meski tidak tahu persis berapa hari akan melipat kertas suara dan mendapatkan upah berapa, namun ia mengaku tetap antusias.

Dengan upah yang akan didapatkannya itu, akan dipergunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Pokoknya mau saja tidak tahu dibayar berapa. Ini juga baru pertama kali melipat kertas suara,” lanjut dia.

Tidak jauh berbeda, Enung (54), pun mengatakan hal yang sama. Namun, Enung kini sudah kedua kalinya menjadi salah satu dari ribuan pelipat kertas suara.

“Pernah dulu melipat yang pas pemilihan presiden. Tapi lupa dibayar berapa. Tidak tahu berapa hari nanti ini kerjanya,” jelas dia.

Enung mengatakan, per orang yang ikut dalam proses pelipatan kertas suara itu, mendapatkan 500 lembar kertas suara untuk disortir dan dilipat.

“Kalau kerjanya sampai jam empat sore nanti,” imbuh dia.

Komisioner KPU Cianjur Divisi Logistik, Baban Marhaenda, ditemui di lokasi mengatakan, total kertas suara yang disortir dan dilipat untuk hari ini hanya sebagian saja. Adapun jumlahnya yakni 1.240.000 lembar kertas suara.

“Sisanya sekitar 512.004 lembar nanti sore akan kami jemput di percetakan negara di Jakarta. Sedangkan daftar pemilih tetap yang sudah disahkan ada 1.752.004 pemilih,” terang dia.

Baban mengakui, jika dibandingkan dengan daerah lain, Cianjur memang agak terlambat. Hal itu disebabkan karena belum tuntasnya proses pencetakan dari Perum Percetakan Negara di Jakarta.

“Nanti sore kami jemput kekurangan surat suaranya di Jakarta,” lanjut Baban.

Meski begitu, pihaknya meyakini bahwa proses pendistribusian kertas suara ditambah logistik pilkada tidak akan terganggu. Pasalnya, setelah tiga hari dijadwalkan untuk proses sortir dan pelipatan, nantinya langsung didistribusikan ke masing-masing PPK.

“Tanggal 4-5 Desember jadwal pendistribusiannya,” pungkas Baban.

(RUH)

loading...

Balasan