Home News World AIDS Day, IFS Sumut : Berikan Karya Nyata

MEDAN (SiaranNews) – Dalam rangka peringatan hari AIDS sedunia, Indonesia Future Society (IFS) regional Sumatera, Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara mengadakan kegiatan bakti sosial donor darah.

Bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di lantai dua gedung Palang Merah Indonesia Sumatera Utara jalan Perintis Kemerdekaan no 37 Medan, Selasa (1/12/2015) terbuka untuk kalangan umum dan didominasi kalangan pemuda dan pemudi pelajar dan mahasiswa.

Ketua umum IFS Sumut, Syahrul Akbar kepada wartawan, mengatakan, acara donor darah ini diadakan sebagai agenda perdana semenjak berdirinya IFS Sumut yang secara nasional di launching oleh presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jawa Timur pada 17/8/2015 lalu.

Ditambahkannya, Program donor darah ini dilaksanakan adalah sebagai titik awal dari berdirinya IFS dengan usia yang belum menginjak satu tahun. Khususnya IFS Provinsi Sumatera Utara yang baru dibentuk dan baru saja melakukan pertemuan perdana tanggal 21 november 2015 kemarin.

“Kegiatan donor darah ini adalah awal. Awal dari karya nyata IFS Sumut untuk bangsa Indonesia” ujarnya.

Menurut Syahrul Akbar, Program ini kita laksanakan bersamaan dengan peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh tepat pada 1 desember 2015, dan sekaligus memberikan kampanye tentang pemahaman bahwasanya HIV/AIDS adalah penyakit yang berbahaya dan sampai sekarang belum ada obatnya.

“Meski begitu bukan berarti kita menjauhi orang yang mengidapnya. Yang kita jauhi adalah penyakitnya, bukan orangnya,” terang Syahrul.

Disisi lain, program ini mendapat apresiasi positif dari ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Rahmat Shah. “Program donor darah kerjasama antara IFS dan PMI ini harus kita jadikan agenda rutin setiap tahun, dan tahun depan harus lebih besar lagi,” Ujar Dr. H. Rahmat Shah dalam sambutannya.

83wUFEmeSwbBpdnHrGnYIYh7zJrz7cjyFfY8WRPbn5gKetika disinggung mengenai tujuan acara donor darah IFS, Syahrul mengatakan, program ini digelar
untuk masyarakat dan kaum muda pada khususnya, agar membangkitkan kepeduliannya terhadap sesama. Disamping itu, donor darah sendiri juga banyak manfaatnya bagi tubuh si pendonor.

Selain donor darah, acara IFS ini juga dimeriahkan dengan talkshow dan tanya jawab bersama para narasumber berpengalaman seperti Dr. H. Rahmat Shah selaku Ketua Umum PMI Sumut, Dr. Linda Maas MPH selaku Ketua Sahiva USU dan Dr. Horas Rajagukguk Sp.B Finacs. Serta dipandu dokter muda Dr. Ivan Adrian.

Acara donor darah IFS dan PMI yang berlangsung dari pukul 8 pagi hingga menjelang siang sendiri dikoordinir oleh ketua panitia Ferry Dika dengan peserta dari sekolah MAN 2, USU , UIN , STIKES dan umum.

Acara ditutup dengan doorprize berhadiah dari sponsor dan media partner pendukung.

Sumber : Roy

Editor : Putra

loading...

Balasan