Home Hukum & kriminal Spesialis Pencuri Barang Elektronik Dibekuk Polsek Banyuurip

SN PURWOREJO – Dua pelaku spesialis rumah kosong yang sudah sangat meresahkan warga akhirnya berhasil diringkus oleh Polsek Banyuurip. Kedua pelaku itu, Ngat alias tg (55) warga Desa Sudimoro dan SJ alias NN (38) warga Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip.

Kapolres Purworejo AKBP Arsida Septiana,SH melalui Kapolsek Banyuurip, AKP Rahmad Efendi didampingi Kanit Reskrim AIPTU Triono,SS,SH mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan Supriyanto, guru SMAN 10 warga di RT 03/04 Kelurahan Kledung Kradenan, Kecamatan Banyuurip tanggal 12 Mei 2016

Supriyanto  melaporkan rumahnya disatroni pencuri pada Sabtu (23/04/2016) lalu.

Dari hasil penyelidikan akhirnya diketahui pelakunya adalah Ngat dan SJ dan dilakukan penangkapan.

“Dari penangkapan terhadap dua pelaku itu berhasil ditemukan barang bukti berupa 1 handphone merek Samsung Galaxy Mega 2 cassing warna putih, 1 handphone merek Samsung Galaxy Grand Prime cassing warna putih, 1 unit sepeda motor merk Suzuki Satria FU 150 SCD2 warna hitam tahun 2014 Nopol  AA 5901 V beserta STNKnya atas nama Wahyuningsih. Selanjutnya ada 1 buah handphone Lenovo type A706 cassing warna hitam, 1 handphone Lenovo A390 serta 1  buah laptop merek Lenovo 3000G230 warna hitam,” kata AKP Rahmad Efendi.

Dijelaskan, kronologi pencurian pada 23 April 2016 pagi bermula dari barang-barang milik Supriyanto telah hilang yaitu berupa 3 buah laptop, 3 buah Hp samsung, 2 buah Hp Lenovo, eksternal hardisk dan uang sebesar Rp 1 juta. Saat itu Supriyanto mendapati pintu belakang terbuka dan di belakang rumah tas dan dompet korban acak-acakan,  atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Banyuurip.

“Modusnya, pelaku Ngat masuk ke rumah dengan cara memanjat tembok kemudian masuk kedalam rumah melalui boven di atas pintu belakang dan keluar melalui pintu belakang, “jelasnya.

Dari pengakuan pelaku, kata AKP Rahmad Efendi, Jumat (22/04/2016) sekitar pukul 23.00 WIB Ngat datang ke rumah SJ untuk menitipkan sepeda motor. Kemudian pada Sabtu (23/04/2016) sekitar pukul 03.00 WIB pelaku Ngat datang lagi ke rumah SJ dengan membawa tas kuning yang berisi 3 unit laptop, 2 buah HP lenovo dan 1 buah eksternal hardisk.

“Ngat meminta SJ untuk menjualkan barang-barang tersebut. SJ kemudian menjual barang-barang itu, 3 laptop laku Rp.2.900.000,- dan uangnya di serahkan Ngat Rp 1.700.000,-.  Sedangkan 3 buah HP Samsung dibawa pulang oleh Ngat,” ucap Kapolsek.

Selain di rumah Supriyanto, kedua pelaku juga mengaku telah melakukan serangkaian pencurian di lokasi lain, diantaranya, di SD Doplang dengan hasil 4 buah laptop, dengan laporan Polsek Purworejo. Tak hanya itu, Perumahan KBN dengan hasil 3 sepeda dijarah pelaku dan rumah Agustina dengan hasil 1 laptop, gelang dan satu buah Hp Samsung dengan laporan Polsek Banyuurip

Sampai saat proses penyidikan masih terus berlanjut lantaran masih ada sejumlah barang bukti yang belum ditemukan dan masih dalam pencarian. “Atas perbuatan itu, Ngat akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan SJ alias dijerat Pasal 480 KUHP,” papar AKP Rahmad Efendi. (WARDOYO)

loading...

Balasan