Home Ekonomi imf dukung rencana ekonomi dan kebijakan fiskal saudi

SN Internasional : Dana Moneter Internasional (IMF) mendukung rencana reformasi ekonomi menyeluruh Arab Saudi pada Kamis, dan mengatakan kerajaan itu sedang memotong pengeluaran di kecepatan yang tepat untuk mengatasi defisit anggaran besar akibat harga minyak rendah.

Akhir bulan lalu, Deputi Putra Mahkota Mohammad bin Salman mengumumkan langkah-langkah untuk mengurangi ketergantungan kerajaan pada ekspor minyak selama 15 tahun ke depan, termasuk pemotongan subsidi, kenaikan pajak, penjualan aset-aset negara, efisiensi pemerintah dan berupaya memacu investasi sektor swasta.

IMF telah selama bertahun-tahun mendesak Arab Saudi untuk mengadopsi langkah-langkah tersebut, dan dalam sebuah pernyataan pada Kamis, dikatakan rencana reformasi bertujuan untuk “sebuah transformasi ekonomi Arab Saudi yang tepat berani dan berjangkauan jauh”.

“Kebijakan-kebijakan pendukung itu akan diumumkan dalam bulan mendatang diharapkan untuk mengatur bagaimana tujuan-tujuan ini akan dicapai,”kata pejabat IMF Tim Callen setelah memimpin tim ke Arab Saudi bulan ini untuk konsultasi tahunan dengan Dana.

“Untuk memastikan keberhasilan mereka, reformasi perlu diprioritaskan dan diurut secara benar, serta tahapan yang tepat implementasinya disimak dengan teliti.” Riyadh telah memotong pengeluaran dan berusaha untuk meningkatkan pendapatan baru, karena bergulat dengan defisit anggaran yang mencapai 98 miliar dolar AS pada 2015. IMF memprediksi defisit akan tetap besar tahun ini sekitar 14 persen dari produk domestik bruto dibandingkan dengan 16 persen tahun lalu. (iqp end)

loading...

Balasan