Home News Gerakan Aksi Untuk Lingkungan bersama Pramuka‎

Jakarta. Data statistik menunjukkan setiap hari Indonesia memproduksi sampah sekitar 200.000 ton.  ‎Sampah rumah tangga menempati urutan paling besar yakni,  48%, kemudian, pasar tradisional 24%, fasilitas publik 19%. Sedangkan untuk pengolahan sampah, 68%, diangkut dan ditimbun, 9% dikubur,  6% diolah, dan 7% tak terkelola‎.

IMG-20160529-WA0023Sementara Pramuka, ‎memiliki anggota ± 20 juta orang,  terdiri dari 34 Kwartir Daerah, 504 Kwartir Cabang dan lebih dari 109.767 Gugus Depan. ‎”Menurut saya, Ini sangat potensial untuk  melakukan gerakan atau upaya terhadap masalah lingkungan di Indonesia,” ungkap Olivia Zalianty, Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Nasional, Urusan Komunikasi dan Informasi.

Artis kebanggaan Indonesia ini menyadari memang tidak mudah untuk membangun kesadaran kolektif kepada anggota pramuka untuk cinta lingkungan. Namun, pihaknya terus berupaya untuk menciptakan kesadaran itu.

IMG-20160529-WA0024

Salah satunya dengan mengadakan kegiatan GAUL (Gerakan Aksi Untuk Lingkungan) Bersama Pramuka yang ‎diadakan di Pantai Impian Jaya Ancol pada Minggu pagi (29/5/16) dengan peserta lebih dari 300 dari Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina, yang berasal dari seluruh Kwartir Cabang yang ada di Kwartir Daerah DKI Jakarta.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 pagi dengan membersihkan pantai Ancol dan dilanjutkan dengan jalan sehat. Para peserta dihimbau untuk tidak membawa air mineral dalam kemasan plastik. Sebagai gantinya panitia menyediakan botol air minum ramah lingkungan yang dapat diisi ulang.

Gerakan ini Gaul Bersama Pramuka di Ancol baru awal p‎encanangannya saja. Kedepan Gerakan Pramuka punya komitmen untuk menjalankan program ini selama 1 tahun dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya ada Gaul Udara, Gaul Wisata, ‎Gaul Ilmu, Gaul Lintas, Gaul Darat, Gaul Info dan lain-lain.

Pada kesempatan ini dihadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Adhyaksa Dault, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, perwakilan dari Kementrian Pariwisata, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Lingkungan Hidup.

IMG-20160529-WA0025

Acara Gaul Bersama Pramuka tidak hanya dilakukan di Ancol tapi juga dilakukan di daerah-daerah di seluruh Indonesia, secara serentak. Peserta diminta untuk mengikuti perlombaan foto dan video selama satu tahun. ‎

“Kita akan umumkan pemenang tahap satu pada saat Jambore Nasional Pramuka dan pemenang utama itu diumumkan tahun depan tanggal 5 Juni bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup,” jelas Olivia Zalianty.

IMG-20160529-WA0003

Setelah melakukan bersih-bersih para peserta dihibur oleh Kuburan Band dan T Koes Band. Perwakilan Kwartir Cabang pun tidak mau kalah menampilkan hiburan pada para peserta. Selain itu ada atraksi Pencak Silat menarik dari KPS Nusantara Sukabumi yang khusus datang dari Sukabumi dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengda KPS Nusantara, Pendekar Sigit Agus Hadi Saputro. “Kami ingin memperkenalkan secara langsung KPS Nusantara kepada para peserta yang hadir di acara Gaul bersama Pramuka di Ancol” ujar Pendekar Sigit.‎ (Bmg)

loading...

Balasan