Home Ekonomi KADIN DORONG UKM SIAP HADAPI PASAR BEBAS.

SN Jakarta :  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersinergi dengan pemerintah mendorong sektor UMKM dan Koperasi agar bisa bertaraf nasional dan internasional serta lebih berdaya saing di era pasar bebas.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan saat ini kontribusi UKM terhadap ekspor nasional baru sekitar 15 persen. Nilai ini masih tertinggal bila dibandingkan dengan negara lainnya di ASEAN, seperti Thailand yang bisa mencapai 30 persen.

“UKM perlu dukungan kongkrit yang bisa diaplikasikan. Pemerintah harus berani memberi keberpihakan kepada UKM dan Koperasi,” ujar dia.

Senada dengan Rosan, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi Sandiaga S Uno mengatakan pembuktian UMKM dan Koperasi sebagai kekuatan ekonomi Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Beberapa kali dinamika ekonomi global ikut mempengaruhi perekonomian nasional, dan ternyata sektor UMKM mampu bertahan dan menopang perekonomian Indonesia.

Menurut dia, UMKM perlu diperkuat dengan berbagai dukungan dari berbagai pihak agar dapat bertumbuhkembang, mulai dari dukungan pembiayaan, regulasi, akses pasar, kemudahan berusaha hingga akses terhadap kemajuan teknologi dan digital.

“Kita harapkan pelaku UKM bisa mengikuti kemajuan teknologi agar bisa memanfaatkannya dengan baik. Pelaku UKM bisa melakukan exsposure dan menjaring konsumen lebih luas lagi,” katanya.

Walaupun merupakan sebuah sektor yang unggul dan sangat mempengaruhi perkembangan perekonomian dalam negeri, UMKM dinilai masih memiliki berbagai hambatan yang patut diperhatikan oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait. (iqp/end)

loading...

Balasan