Home Bisnis PERTAMINA SIAP HADAPI ARUS MUDIK-BALIK LEBARAN.

SN Jakarta ; Perseroan Terbatas Pertamina (Persero) menyatakan siap untuk menghadapi gelombang mudik dan arus balik pada pra maupun pasca-Lebaran 2016 dengan menjaga stok bahan bakar minyak dan elpiji.

Wakil Dirut Pertamina Bidang Komunikasi Perusahaan Wianda Pusponegoro mengatakan, walau permintaan akan meninggi dalam satu bulan ke depan, Pertamina tetap menjaga stok BBM dan LPG nasional dalam kondisi aman sampai 28 hari ke depan.

“Proyeksi stok premium adalah 1,3 juta kiloliter untuk 17 hari, solar 1,6 juta kiloliter (untuk 28 hari), pertamax 340 ribu kiloliter (25 hari), pertalite 336 ribu kiloliter (tujuh hari), avtur 336 ribu kiloliter (25 hari), dan elpiji 326 ribu metrik ton (17 hari),” ujar Wianda dalam pemaparan publik di Jakarta, Jumat.

Selain itu, Pertamina menyatakan akan memberikan layanan BBM maupun LPG selama 24 jam penuh selama masa Ramadhan, termasuk Hari Raya Idul Fitri.

Pertamina akan melakukan penambahan pasokan lima hingga 15 persen produk LPG Pertamina seperti elpiji, bright gas, dan ease gas termasuk penambahan waktu operasional bagi depot serta stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) agar masyarakat mudah mendapatkan LPG tiga dan 12 kilogram.

Kenaikan konsumsi BBM, lanjut dia, akan terlihat dalam 15 hari sebelum dan sesudah Lebaran, dengan kenaikan rerata kenaikan 15 persen dari rata-rata konsumsi harian (DOT) untuk Premium, dari normalnya 71.906 kiloliter menjadi 82.496 kiloliter .

Akan tetapi DOT Solar diperkirakan turun 12 persen, dari 35.173 kiloliter menjadi 31.118 kiloliter.

Konsumsi Premium tertinggi diperkirakan terjadi pada H-4, yang diproyeksikan menjadi puncak arus mudik Lebaran dengan DOT 107.859 kiloliter. Sementara untuk puncak arus balik, konsumsi BBM 89.882 kiloliter.

Pertamina sendiri menyatakan harga BBM selama Lebaran adalah normal dan telah membentuk satuan tugas untuk memantau ketersediaan BBM dan LPG, terutama di sepanjang jalur mudik utama yaitu Pantura, Tengah dan Selatan Jawa, Banyuwangi (penyeberangan menuju Bali) serta dari Merak menuju Jakarta. (end)

loading...

Balasan