Home Uncategorized PT PJB UP Muara Karang Gandeng Komunitas KOMMA Gelar Aksi Penanaman...

SN  JAKARTA – Dalam upaya memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, PT. Pembangkit Jawa dan Bali Unit Pembangkitan (PT PJB UP Muara Karang), berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan dengan mengadakan kegiatan Aksi Bersih Pantai dan penanaman 5000 bibit Mangrove, Sabtu, (4/06/16).

Acara yang diselenggarakan dikawasan Ecomarine ini diikuti oleh segenap karyawati PT. PJB UP Muara Karang dan penduduk di wilayah Muara Angke dan sekitarnya.

Aksi pengumpulan sampah di area penanaman Mangrove, dilanjutkan dengan penanaman 5000 bibit tanaman bakau ini dilaksanakan pada hari sabtu(4/6).

Selain dihadiri oleh segenap direksi dan managemen PT PJB, kegiatan ini juga diikuti oleh tokoh masyarakat dan lembaga pemerintah.  Misalnya, Karang Taruna Kelurahan Pluit, Lurah Pluit, Camat Penjaringan, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah(BPLHD), serta Dinas Kelautan, Pertanian, dan ketahanan pangan Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa Bali. Iwan Agung Firstantara, dalam sambutannya menyatakan,  PT PJB selalu berupaya mendukung kelestarian lingkungan dengan memastikan bahwa seluruh proses bisnis yang berjalan dapat memenuhi standar PROPER, yang merupakan penilaian kinerja perusahaan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia berdasarkan dampak lingkungan yang ditimbulkan. Tidak hanya di dalam lingkungan perusahaan, PT PJB juga melakukan upaya pelestarian lingkungan di wilayah sekitar area operasi unit pembangkit, agar manfaat dari lingkungan yang lestari juga dirasakan oleh masyarakat umum.

Penanaman 5000 bibit lanjut Iwan pohon mangrove ini akan semakin memperkuat ekosistem mangrove yang berupaya dibangun oleh PT PJB UP Muara Karang sebelumnya sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR). Dikawasan yang sama, PT PJB bekerja sama dengan Komunitas Mangrove Muara Angke(KOMMA), yang dikomamdoi Risnandar telah menanam 7000 bibit tanaman mangrove dari berbagai jenis sejak tahun 2014 yang terus tumbuh baik hingga kini. Untuk mendukung keberlangsungan program ini, PT PJB Muara Karang juga telah memberikan sosialisasi mengenai pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan kepada masyarakat sekitar, termasuk para elajar tingkat SD, ujarnya.

Pelatihan perawatan tanaman dan pembuatan hasil olahan mangrove pun diberikan agar masyarakat semakin termotivasi untuk menjaga ekosistem mangrove tersebut, pungkasnya. (Ttn/algi)

loading...

Balasan