Home Daerah Danrem 143/HO Pantau Pendistribusian Alsintan di Sultra

PB, Konawe : Dalam upaya  mendukung ketahanan  pangan, Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) memiliki peran penting untuk mendorong produktivitas petani menjadi lebih baik.

Oleh karena itu pendistribusian alsintan kepada kelompok tani ataupun petani sangat penting sehingga alat tersebut dapat dioptimalkan penggunaanya untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.

Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf. Immanuel Ginting, SE mengatakan saat ini Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah mengembangkan pertanian yang berbasis pada teknologi . “Petani kita saat ini dibantu traktor, mesin penanam padi, penggiling padi dan lain-lain oleh Menteri Pertanian guna meningkatkan produksinya” ujar Danrem 143/HO kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan kegiatan panen raya di Desa Duri Asih Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe Senin (27/6/2106).

image(2)Menyadari pentingnya alsintan tersebut, Danrem 143/HO Kolonel Inf. Immanuel Ginting, SE mengatakan pihaknya terus memantau pendistribusian alsintan kepada seluruh petani di Sultra. “Saya terus memantau pendistribusian alsintan itu agar tepat sasaran kepada para petani. Tiap hari saya menerima laporan dari anggota tentang alat itu” ujarnya lagi.

Dikatakannya mekanisasi pertanian dapat mengatasi  kendala petani  menyangkut kelangkaan dan mahalnya  tenaga kerja dibidang pertanian. Lanjutnya mekanisasi pertanian  dapat meningkatkan efektifvitas dan efisiensi petani dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang pada muaranya dapat meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri. “Waktu, tenaga dan biaya akan lebih efisien, begitu juga efektivitas kerja dan optimalisasi pemanfaatan lahan akan lebih produktif” jelasnya.

imageKolonel Inf. Immanuel Ginting menyebutkan  Kodim 1417/Kendari pada bulan pertengahan bulan Mei yang lalu telah menerima  Alsintan dari Kementerian Pertanian sejumlah 218 unit Alsintan, yang terdiri dari : 130 unit handtractor roda dua,  60 unit rice transplanter, 15 unit pompa air dan 13 unit tractor roda empat. “Keseluruhan alsintan tersebut akan dibagi kepada Koramil-Koramil untuk dioperasionalkan di wilayahnya masing-masing guna membantu para petani ataupun keompok tani’ pungkasnya. (Enel-Sultra)

loading...

Balasan