Home News Kemendikbud keluarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016

SN Jakarta : Kemendikbud keluarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku. Permendikbud tersebut dikeluarkan untuk mengatur buku pelajaran agar dapat digunakan sebagai pegangan sekolah.

Menteri Anies Baswedan menuturkan, ciri-ciri yang dapat dijadikan rujukan buku tersebut layak atau tidak. Diantaranya dilihat dari keterangan data diri penulis. Biasanya, keterangan ini ada di bagian belakang buku.

“Jika tidak ada, dimungkinkan buku tersebut tidak sesuai. Karena di Permendikbud ini juga kita mengatur soal kejelasan siapa penulisnya,” tuturnya.

Selain itu, ciri lainnya yang dijadikan rujukan adalah adanya uraian yang diwajibkan tertera dengan jelas. Tujuannya, agar buku tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

“Mulai dari nama lengkap, email, alamat kantor, riwayat data diri, pas foto penulis hingga nomor telepon. Informasi tersebut membantu dalam meningkatkan mutu buku ajar sekaligus penulis. Selain itu juga, bisa menjadi rujukan bagi guru ataupun masyarakat jika ingin memberikan masukan kepada penulis,” jelasnya.

Tidak hanya itu, mengantisipasi masuknya buku-buku pelajaran tak layak, Anies juga meminta kepada orangtua untuk melaporkan jika menemukan konten yang janggal.

“Biar segera ditangani, jika menemukan hal yang tidak sesuai segera laporkan,” pungkasnya.

loading...

Balasan