Home Daerah Persit KCK Kodim 0913 PPU Galakan Hanpangan Melalui Tanam Aneka Sayur Mayur

SN PENAJAM – Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang LXV Kodim 0913 PPU melaksanakan penanaman dengan beraneka jenis bibit sayuran yang berada di lahan samping kantor Makodim 0913/PPU di Jalan Propinsi KM 09 Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kaltim, Minggu (7/6/2020).

Ny. Ningsih Mahmud selaku Ketua Persit yang merupakan istri dari Dandim 0913/PPU pada kesempatan tersebut mengajak para istri Prajurit Kodim 0913/PPU untuk menanam beraneka jenis bibit sayuran dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada sehingga bermanfaat.

“Kegiatan menanam beraneka jenis bibit sayuran ini diharapkan menjadi contoh serta motivasi bagi masyarakat sekitarnya khususnya di wilayah PPU dan Semoga apa yang kita rintis kali ini akan dapat kita nikmati hasilnya”, pungkasnya Ny. Ningsih Mahmud.

Gerakan menanam aneka sayuran ini bertujuan untuk mensosialisasikan gaya hidup berkebun, menanam tumbuhan herbal atau apotek hidup secara mandiri bagi anggota di rumahnya, sehingga membantu ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“ Selain untuk di konsumsi sendiri juga di pasarkan ke masyarakat sekitar dengan harga di bawah harga jual pasar, sehingga bisa menambah inkam anggota sehingga bisa membantu perekonomian keluarga,”Tambah Ningsih.

Dalam proses pembibitan aneka jenis sayur yaitu selain di lahan kantor juga memanfaatkan lahan pekarangan milik salah satu anggota Kodim 0913/PPU, yang mana pada lahan tersebut di manfaatkan untuk wadah pertanian, perkebunan dan budi daya ikan lele.

Lanjutnya, seperti sudah diketahui oleh masyarakat pada umumnya, sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Melalui sayuran terdapat nutrisi seperti vitamin, protein, dan zat-zat mineral lain yang dapat mendukung kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itulah, sayuran menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat, setelah nasi tentunya,”ujarnya.

Sedangkan bibit yang ditanam, yaitu cabai, seledri, tomat, kailan, wortel dan bibit tanaman sayur lainnya. Kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah khususunya di wilayah Kabupaten PPU dalam hal ketahanan pangan.

(Nia/Sumber Penrem 091/ASN)

loading...

Balasan