Home Bisnis PMPPN Akan Unjuk Rasa Ke Kantor Direksi PTPN III Medan Terkait Dugaan...

Diduga Anggaran Pemeliharaan Semester I Tahun 2020 Di Kebun Gunung Para dan Gunung Pamela ‘Ditelan’

Siarannews Sergai, Sumut – PTPN III memiliki sistem manajemen yang terpadu, yang dinamakan Sistem Manajemen PTPN III (SM-PN3). SM-PN3 mengadopsi beberapa sistem manajemen, Sistem Manajemen ini dituangkan kedalam standard operasional prosedur yang terintegrasi dalam bentuk prosedur kerja (PK) dan instruksi kerja (IK) demi mendorong peningkatan kinerja operasional, kinerja keuangan, dan daya tahan grup dalam mengarungi dinamika dan tantangan industri agribisnis.

Untuk menjadi perusahaan agribisnis kelas dunia dengan kinerja prima dan melaksanakan tata kelola bisnis terbaik Penerapan Good Corporate Governance (GCG) PT Perkebunan Nusantara III mengacu kepada Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor : PER-01/MBU/2011 Tentang “Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) Pada Badan Usaha Milik Negara”.

Namun hal ini berbanding terbalik dengan fakta yang terjadi dikebun Gunung Para dan Gunung Pamela jajaran Distrik Serdang I PTPN III yang diduga tidak melakukan operasional Pemeliharaan tanaman dan areal sebagai penghasil produksi untuk menciptakan keuntungan perusahaan, sehingga diduga telah melakukan penelantaran dengan tidak melakukan pemeliharaan, ada dugaan perusahaan tetap mengeluarkan anggaran pemeliharaan setiap Triwulan nya, anggaran pemeliharaan tersebut diduga ditelan oleh pihak tidak bertanggungjawab, sehingga terindikasi merugikan keuangan perusahaan PTPN III.

Hasil penelusuran dan investigasi media ini. Minggu (06/09/2020) di Afdeling 3, 5 Kebun Gunung Para dan Afdeling 5 Kebun Gunung Pamela jajaran Distrik Serdang I PTPN III kondisi nya sangat memprihatinkan seperti hutan belantara dan seperti nya tidak dilakukan perawatan dalam periode semester I tahun 2020 ini. Kondisi Tanaman Ulang dan Tanaman menghasilkan sangat memprihatinkan seperti tidak pernah dilakukan pemeliharaan oleh manejemen.

Bahkan pada awal bulan Januari Triwulan I tahun 2020 dikebun Gunung Para dan Gunung Pamela jajaran Distrik Serdang I PTPN III sudah kerap dipublikasikan ke publik melalui pemberitaan oleh beberapa media, sepertinya kritik dan saran dari beberapa media yang mengangkat kasus anggaran pemeliharaan ini juga tidak digubris oleh jajaran Manajemen Kebun dan Jajaran Direksi PTPN III, diduga masalah anggaran pemeliharaan ini juga melibatkan jajaran Direksi dan Manajemen Puncak di PTPN III, sehingga sampai saat ini belum juga ada perbaikan di kebun Jajaran Distrik Serdang I ini, bahkan jajaran Direksi masih tetap mempertahankan kinerja para Manager dan General Manager yang berkinerja buruk ini.

Hal ini juga dibenarkan oleh T. Situmorang, Amd, Sekjen DPP Lsm Pemuda dan Masyarakat Peduli Perkebunan Negara (PMPPN), Minggu (06/09/2020) bahwa di Afdeling 3 dan 5 Kebun Gunung Para Kondisi nya sangat memprihatinkan, kita sudah survei kelapangan tadi, begitu juga di Afdeling 5 kebun Gunung Pamela kondisi nya sangat mengenaskan, sepertinya tidak pernah disentuh pemeliharaan, Ungkapnya kepada reporter.

Menurut Toni Situmorang lagi, bahwa ada indikasi dan dugaan anggaran pemeliharaan disemua kebun sePTPN III sepertinya diduga ‘Ditelan’ secara berjamaah yang melibatkan semua unsur dari jajaran Direksi dan Managemen kebun, bisa dikatakan dan diduga dilakukan secara Terstruktur, Sistematis dan Masif, sehingga merugikan keuangan Negara bila benar ada anggaran pemeliharaan yang dikucurkan setiap Triwulan dan persemesternya. Dan kita akan melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Direksi PTPN III nantinya mengenai kasus ini. Urainya.

“Dalam aksi unjuk rasa nanti kita akan minta kepada jajaran managemen puncak di Kantor Direksi PTPN III untuk membuka ke publik berapa anggaran untuk pemeliharaan di kebun jajaran Distrik Serdang I, karena fakta dilapangan setelah kita survei tampaknya tidak ada dilakukan pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan oleh Manajemen kebun ataupun dari pihak penyedia jasa (rekanan/red), dan mendesak Direksi PTPN III agar segera mencopot Manager Kebun Gunung Para, Manager Kebun Gunung Pamela dan General Manager (GM) Distrik Serdang I PTPN III dari jabatan nya, karena diduga telah ikut melakukan KKN anggaran pemeliharaan semester I tahun 2020, ” Kita akan desak jajaran Direksi. “Tutup Situmorang.

Bahkan ketika media ini memberikan informasi kepada jajaran Direksi PTPN III, selalu mengatakan akan dilakukan perbaikan, sepertinya ada dugaan bahwa kasus ini juga diduga melibatkan para petinggi di PTPN III.

Diektur Umum PTPN III (Persero) Seger Budiarjo ketika diberikan info oleh reporter terkait kasus anggaran dikebun Gunung Para dan Gunung Pamela ini mengatakan, ” Sudah saya forward ke teman-teman di kantor Medan, “Ungkap nya melalui via WhatsApp selulernya.

Begitu juga dengan Suhendri, SEP Keuangan dan Umum PTPN III mengatakan, ” Terimakasih Infonya, saya sudah sampaikan ke kawan- kawan produksi, menurut mereka sudah diperbaiki, Alhamdulillah atas masukan ini kami bisa melakukan kontrol yang lebih baik, “Ungkap nya.

(Sampai berita ini diturunkan ke redaksi. General Manager Distrik Serdang I Arsam Lubis, Manager Kebun Gunung Para Raden Wahyu dan Manager Kebun Gunung Pamela Senoaji belum berhasil dikonfirmasi secara langsung terkait temuan dari Lsm PMPPN yang menemukan kasus anggaran pemeliharaan semester I tahun 2020 ini).(Tony/Team)

loading...

Balasan