Home Bisnis Direksi PTPN III Didesak Copot GM Diser I dan Manager Gunung Para...

Siarannews Sergei, Sumut – Maraknya dugaan korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) di jajaran Managemen Distrik Serdang I, Kebun Gunung Para, Gunung Pamela, Silau Dunia, Gunung Monako dan Kebun Bangun PTPN III sudah sangat kronis dan mengkhawatirkan, diduga hal ini sudah terjadi bertahun tahun lamanya, namun baru di tahun 2020 berhasil diungkap ke publik oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan media.

Pada awal bulan Januari tahun 2020 hal ini baru berhasil diselidiki oleh Lsm Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPRI) Sumut dijajaran kebun seDistrik Serdang I PTPN III terkait anggaran Pemeliharaan yang diduga tidak dikerjakan oleh pihak Manajemen dan penyedia jasa (rekanan/red), sehingga kondisi nya sangat mengenaskan dan memprihatinkan seperti perusahan yang tidak bermodal, padahal PTPN III adalah induk dari seluruh Holding PTPN.

Hal ini dibenarkan oleh Sekjen Lsm PMPRI Sumut R. Madhan mengatakan kepada reporter. Selasa (08/09/2020) bahwa pihak nya sudah melakukan investigasi dari awal Januari sampai September tahun 2020 ini ke beberapa kebun sejajaran Distrik Serdang I PTPN III diantara nya kebun Gunung Para, kebun Gunung Pamela, kebun Silau Dunia, kebun Gunung Monaco dan kebun Bangun, semua kebun bermasalah dengan masalah anggaran pemeliharaan yang diduga dilakukan KKN secara berjamaah, sehingga diduga merugikan keuangan perusahaan negara ini. Ucapnya.

Madhan juga menambahkan, pada triwulan I sampai Triwulan II tahun 2020 masih banyak ditemukan areal yang diduga tidak dilakukan pekerjaan pemeliharaan oleh Manajemen dan pihak penyedia jasa (rekanan/red), dan sudah kerap diberitakan oleh media ini, namun tidak juga ada perbaikan, sehingga kami menduga telah terjadi KKN dalam anggaran pemeliharaan (PML) ini, bilamana dari kantor pusat PTPN III ada dikucurkan anggaran untuk Triwulan I dan II tahun 2020 kemarin.

” Lalu kami dari PMPRI Sumut bersama Lsm PMPPN investigasi pada awal bulan September tahun 2020 ini ke kebun se jajaran Distrik Serdang I, kondisi nya malah sangat tragis, seperti dikebun Gunung Para, kebun Gunung Pamela, Silau Dunia, Bandar Betsy dan kebun Bangun masih banyak kondisi areal tanaman menghasilkan (TM) dan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) tidak disentuh pemeliharaan, sehingga kami menduga adanya dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam hal realisasi dan pekerjaan pada anggaran pemeliharan di jajaran Distrik Serdang I. ” kata Madhan.

” Madhan mengatakan, bahwa pihak nya bersama Lsm Pemuda dan Masyarakat Peduli Perkebunan Negara (PMPPN) RI akan melakukan aksi unjuk rasa (Demonstrasi) ke Kantor Direksi PTPN III Medan untuk menuntut jajaran Direksi agar segera mencopot General Manager Diser I Arsam Lubis dan semua Manager kebun sejajaran Diser I dari jabatan nya, karena diduga melakukan penelantaran tanaman aset perusahaan dan melakukan ‘KKN’ dalam anggaran pemeliharaan tanaman pada Semester I tahun 2020 ini, dan kami juga akan unjuk rasa ke Polda Sumut agar pihak Tipidkor Polda Sumut mengusut dugaan ‘Korupsi’ anggaran pemeliharaan tanaman Semester I tahun 2020 di jajaran kebun seDistrik Serdang I PTPN III. Tutup Madhan.

T. Situmorang Sekjen PMPPN RI juga mengatakan pada Selasa (08/09/2020) membenarkan bahwa pihaknya akan aksi unjuk rasa bersama Lsm PMPRI Sumut untuk mendesak jajaran Direksi dan Polda Sumut, ” Iya. Tuntutan kami tetap sama agar pihak Direksi PTPN III segera mencopot GM Diser I dan Manager kebun sejajaran Diser I seperti yang kami sebut diatas, aksi unjuk rasa ini kami buat, agar jajaran Direksi tau bahwa kinerja mereka sangat bobrok dan juga agar masyarakat tau bahwa PTPN III saat ini sedang menjadi sorotan publik akibat dugaan KKN anggaran pemeliharaan pada semester I tahun 2020. Dan juga kita akan laporkan ke Kementerian BUMN RI mengenai permasalahan di kebun Jajaran Diser I ini. Tutur Situmorang.

Situmorang menambahkan, bahwa pihak nya juga sudah mendapatkan intimidasi dan tekanan dari beberapa pihak yang diduga orang suruhan dari GM Diser I Arsam Lubis dan para Manager kebun, agar pihaknya membatalkan aksi unjuk rasa ke Kantor Direksi PTPN III Medan, tapi tekanan dan intimidasi tersebut malah membuat kami semakin bertekad tetap melakukan aksi unjuk rasa, sebelum jajaran Direksi PTPN III mencopot GM Diser I dan semua Manager kebun sejajaran Diser I PTPN III kami tetap unjuk rasa damai, ” Tutup Situmorang.

(Sampai berita ini diturunkan ke redaksi. General Manager Diser I Arsam Lubis, Manager Gunung Para Raden Wahyu dan Manager Gunung Pamela Seno Adjie belum berhasil dikonfirmasi untuk dimintai komentar dan keterangan nya terkait aksi unjuk rasa Lsm PMPRI Sumut dan Lsm PMPPN RI yang menuntut agar ketiga nya dicopot dari jabatan nya).(Team/Toni)

loading...

Balasan