Home Internasional Turki dan Azerbaijan Mulai Terapkan Perjalanan Tanpa Paspor

Ankara, SN – Kartu identitas baru akan memungkinkan warga Turki dan Azerbaijan melakukan perjalanan dua arah tanpa menggunakan paspor hingga 90 hari.

“Mulai hari ini, bepergian ke Azerbaijan sekarang hanya dapat dilakukan dengan menunjukkan kartu identitas. Semua halangan disingkirkan, persaudaraan kita semakin kuat,” ujar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu seperti dikutip Anadolu Agency, Senin (5/4).

Dia juga menggunakan tagar “satu bangsa, dua negara” di Twitter, yang menggambarkan hubungan yang mengakar antara kedua negara bersahabat itu.

Dengan undang-undang baru, warga negara Turki dan Azerbaijan dapat bepergian tanpa paspor dan hanya menggunakan jenis KTP baru yang dipasang dengan chip.

Formulir keluar-masuk dengan dua bahasa akan diberikan kepada warga Azerbaijan pada saat kedatangan mereka ke Turki, dan kepada warga negara Turki saat berangkat dari Turki ke Azerbaijan.

Warga kedua negara harus menunjukkan dokumen ini kepada petugas di perlintasan perbatasan bersama dengan KTP.

Namun, penggunaan paspor tetap wajib bagi mereka yang memasuki Azerbaijan dan Turki dari negara ketiga.

Jika warga Azerbaijan ingin mengajukan izin tinggal setelah jangka waktu 90 hari berakhir, mereka harus menggunakan paspor mereka.

Sesuai dengan langkah-langkah melawan virus korona, hasil tes Covid-19 diwajibkan di gerbang perbatasan.

(Red/Sumber)

loading...

Balasan