Home Ekonomi Singapura Jadi Negara Pertama yang Ratifikasi Perjanjian RCEP

Jakarta, SN – Singapura menyampaikan telah meratifikasi perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan menyerahkan instrumen ratifikasinya kepada Sekretaris Jenderal Asean, yang telah ditunjuk sebagai tempat penyimpanan perjanjian.

Dikutip Anadolu Agency, Jum’at (9/4), dengan keputusan ini, Singapura menjadi negara peserta pertama yang menyelesaikan proses resmi RCEP.

Seluruh 10 anggota ASEAN dan mitra utama Australia, China, Jepang, Selandia Baru dan Korea Selatan menandatangani pakta perdagangan terbesar di dunia pada KTT Pemimpin RCEP ke-4 November 2020.

Dalam pernyataannya, Menteri Perdagangan dan Perindustrian Chan Chun Sing mengatakan ratifikasi perjanjian yang cepat oleh Singapura menandakan komitmen kuat negaranya memperkuat perdagangan dan hubungan ekonomi dengan mitranya.

“Kami berharap sesama negara peserta RCEP melakukan hal yang sama, untuk mempercepat berlakunya perjanjian,” kata Chan.

RCEP, yang ditandatangani dalam KTT Pemimpin RCEP keempat pada 15 November lalu, merupakan perjanjian perdagangan bebas (FTA) terbesar di dunia hingga saat ini.

Perjanjian ini menyumbang sekitar 30 persen dari produk domestik bruto (PDB) global dan hampir sepertiga dari populasi dunia.

Perjanjian RCEP akan mulai berlaku 60 hari setelah enam negara anggota ASEAB dan tiga negara non-ASEAN telah meratifikasi kesepakatan tersebut.

Negara-negara peserta menargetkan RCEP mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

(Red/Sumber)

loading...

Balasan